Pemprov Siap Subsidi Pedagang dan Distributor Untuk Tangani Inflasi
axel wiryanto
Wednesday, 05 June 2024 11:28 am
dibaca 82 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan fokus pada penanganan inflasi di daerah ini. Hal tersebut sejalan dengan keseriusan pemerintah pusat dalam menangani permasalahan serupa.

Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh menegaskan bahwa sebagai upaya menangani inflasi di daerah ini, Pemprov siap memberikan subsidi kepada pedagang ataupun distributor. Menurut Zudan, penanganan inflasi menjadi fokus karena merupakan arahan langsung presiden dan Menteri Dalam Negeri.

Karena itu, untuk menekan indeks harga konsumen, selain melakukan pasar murah, yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan subsidi langsung ke pedagang atau distributor.

“Pasar murah dilaksanakan untuk melayani masyarakat yang jauh dari pasar . Sedangkan yang dekat dengan pasar subsidi langsung ke pedagang dan distributor,” ujarnya.

Dengan harga terkendali, kata Zudan, masyarakat dapat harga yang murah dan terjangkau. Sementara petani juga tidak dirugikan karena langsung subsidi ke pedagang dan distributor. Subsidi bisa untuk transportasi. Namun perlu dilakukan pengawasan dengan baik.

Menurut Prof Zudan, penanganan inflasi dapat dimasukkan ke dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan APBD. Dapat dimasukkan ke RKPD 2025, RPJM 2025-2030 serta RPJP 2025-2045. “Arahan Presiden, penanganan inflasi dimasukkan ke Rencana Kerja Pemerintah dan APBD,” imbuhnya.

Berdasarkan data BPS Sulsel inflasi Sulsel pada bulan Mei 2024 untuk year-on-year (YoY) sebesar 2,42 persen, sedangkan inflasi tahun kalender 1,10 persen. (rls)

source