Saleh Rampungkan Gerakan Sapa Pangkep
axel wiryanto
Monday, 13 May 2024 17:59 pm
dibaca 114 kali

PANGKEP, BKM–Bakal calon bupati dan wakil bupati pangkep Muhammad Saleh Pattola tengah menuntaskan sebuah rancangan program yang diberi nama ‘Gerakan Sapa Pangkep’.
Menurut Saleh Pattola, dengan menjalankan rencana program tersebut, pihaknya yakin solusi kemakmuran masyarakat bisa tercapai apabila disertai kerjasama pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Pangkep dilaksanakan dan di barengi forum-forum dialog maupun musyawarah antar pimpinan daerah, kelompok profesi, akademisi, dan tokoh-tokoh masyarakat. “Sehingga bisa terjalin komunikasi yang harmonis dalam kebersamaan meniti masa depan yang lebih baik. Dengan spirit budaya dan kebersamaan yang egaliter yang kemudian di jadikan sebagai forum temu “SAPA” Harapannya kedepan masyarakat Pangkep dapat hidup berdampingan, harmonis dalam pluralisme dan selaras dengan lingkungannya,”ujar Saleh Pattola, Minggu (12/5).

Saleh menjelaskan bila hal ini akan menjadi sebuah gerakan dari oleh dan untuk masyarakat Pangkep.

“Semoga kepercayaan diberikan kepada kami untuk menjadi agen perubahan positif menuju masa depan cerah masyarakat Pangkajenen dan Kepulauan.
Sebelumnya, Saleh Pattola juga merancang Program Bumi Hijau atau KOPRABUH. Program ini juga demi peningkatan kualitas hidup masyarakat Pangkep melalui wilayah pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan dalam satu wadah koperasi sebagai tempat berkomunikasi dan saling bertukar informasi.
Selain meningkatkan bidang pertanian, perkebunan,dan perikanan sebagai sumber pangan daerah dan pengembangan, KOPRABUH berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan akan mengembang budidaya hutan bersama-sama dengan masyarakat setempat,dan di harapkan dapat pula meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi bagi masyarakat.
“Program Bumi Hijau inipun akan menjaga kelestarian hutan dan lingkungan hidup serta pengembangan perkebunan melalui budidaya pohon tanaman industry yang memiliki nilai ekoniomis, berikutnya pelestarian pohon mangrove di seluruh pesisir kepulauan menjadi program dalam melestarikan dan menjaga lingkungan hidup dalam ramgka perubahan iklim,”tutur Saleh.

Rencana pelaksanaan program KOPRABUH ini akan dibentuk juga sebuah komunitas yang di namakan Resimen Bumi Hijau yang mana beranggotakan seluruh masyarakat dan pemuda pemudi disetiap wilayah yang akan di motori oleh para purnawirawan aparatur negara yang sudah memasuki masa pensiun sehingga bisa menjadi agen perubahan dan menjadi motor penggerak di sekitar dimana mereka berada dan bertujuan bertanggung jawab secara sosial kemasyarakatan dalam membina masyarakat menuju masyarakat yang mandiri dalam setiap memenuhi kebutuhan hidupnya baik kelompok maupun secara pribadi serta memberikan pengetahuan dan bekal menuju hidup yang sehat dan sejahtera. (rif)

source