Itikaf di Masjid 99 Kubah Target Diikuti 20.000 Orang
axel wiryanto
Friday, 05 April 2024 03:10 am
dibaca 218 kali

MAKASSAR, BKM — Pemkot Makassar akan menggelar itikaf di Masjid 99 Kubah dengan melibatkan penjabat ketua RT/RW, LPM, hingga Dewan Lorong. Kegiatan itu rencananya mulai dilaksanakan Kamis (4/4) sekitar pukul 23.30 Wita hingga ke Jumat dini hari (5/4).
Itikaf ini, kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, merupakan momen pencucian dosa. Apalagi ini sudah memasuki 10 malam terakhir.

Agendanya, doa keselamatan bagi kota, doa keselamatan bagi keluarga, dan doa keselamatan bagi anak-anak kita.
“10 Ramadan terakhir adalah momen terbaik yang secara pribadi mendekatkan diri kepada Allah,” ujarnya.
Selain itikaf, Pemkot Makassar juga memiliki agenda khusus untuk memeriahkan malam takbiran bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Rencananya, Pemkot akan mengadakan Festival Takbir Tepian Air untuk memeriahkan malam takbiran Idulfitri tahun ini.

Festival itu berupa pawai obor mulai dari Masjid 99 Kubah di Kawasan Centerpoint of Indonesia (CoI) dan finish di Anjungan City of Makassar.

Wali Kota Danny Pomanto mengatakan pawai obor ini melibatkan 15 ribu sampai 20 ribu orang peserta.
“Pawai obornya itu melibatkan 153 kelurahan. Masing-masing kelurahan terdiri dari 100 orang. Belum lagi ormas Islam. Jadi saya kira bisa sampai 20 ribu orang,” kata Danny Pomanto usai memimpin Rakor Persiapan Pelaksanaan Idulfitri 1445 Hijriah di Ruang Sipakatau Balai Kota, Rabu (3/4).
Karena melibatkan lebih dari 15 orang peserta, Danny Pomanto ingin agar pelaksanaan pawai obor ini betul-betul terlaksana dengan baik. Karena itu teknisnya perlu diatur.

Melalui pawai obor ini, Danny ingin membangun suasana Ramadan seperti di kampung-kampung di tengah Kota Makassar. “Kita mau cari suasana (Ramadan) desa di kota,” tuturnya
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Makassar M Syarief mengatakan, untuk kegiatan itikaf Pemkot Makassar akan mempersiapkan doorprize berupa umrah ke Tanah Suci yang akan diundi saat kegiatan berlangsung.
Adapun agenda yang akan dilaksanakan saat itikaf, pukul 23.30 Wita persiapan.

Selanjutnya pukul 24.00-01.30 perbaikan bacaan (takzim) Qur’an dipandu oleh KH Syam Amir yang juga hafiz Qur’an 30 juz.

Pukul 01.30-02.00 Wita mendengarkan ceramah agama sekaligus muhasabah dipandu oleh H Fahrurrozi. Pukul 02.00-03.00 pelaksanaan salat lail dan tahajjud. Pukul 03.00 Wita makan sahur.

Dia mengingatkan kepada seluruh peserta itikaf, diminta untuk membawa bekal sahur dari rumah masing-masing.
Mantan Kabag Protokol Pemkot Makassar itu melanjutkan, khusus untuk pelaksanaan salat Idulfitri, Pemkot Makassar menyiapkan dua lokasi, yakni Lapangan Karebosi dan Anjungan Pantai Losari. Pelaksanaan salat Id di Lapangan Karebosi akan dihadiri langsung Wali Kota Makassar. Sementara di Anjungan Pantai Losari dihadiri oleh Pj Sekkot Firman Hamid Pagarra.
Tahun ini, Masjid 99 Kubah juga dibuka untuk pelaksanaan salatId. Rencananya, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin akan melaksanakan salat di sana.

Adapun khatib yang akan berceramah di Lapangan Karebosi adalah Dr KH Kaswad Sartono. Sementara di Anjungan Pantai Losari, bertindak sebagai khatib adalah Pengurus Pusat Muhammadiyah. “Tapi kita belum tahu siapa pastinya.

Karena yang atur itu dari Pengurus Pusat Muhammadiyah,” tandas Syarief.
Usai salat Id, Danny Pomanto akan menggelar open house di kediaman pribadinya. Pelaksanaannya hanya berlangsung satu hari. (rhm)

source