Ahli Qur’an Asal Turki Ceramah dan Imam Tarawih di Sulsel
axel wiryanto
Friday, 15 March 2024 20:29 pm
dibaca 93 kali

MAKASSAR, BKM — Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan, penceramah yang juga ahli Al-Quran dan hadis dari Al Azhar Asy-Syarif Kairo Mesir dijadwalkan akan mengisi ceramah tarawih Ramadan 1445 Hijriah di sejumlah masjid di Sulawesi Selatan. Ia datang ke Indonesia melalui program kerja sama Kementerian Agama (Kemenag) dengan Majelis Hukama Mulimin (MHM) dalam program bertajuk Syiar Ramadan 1445 H dan Persaudaraan Manusia. Program ini juga melibatkan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) pusat maupun daerah.

Ketika tiba di Makassar, Kamis (14/3), Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan disambut hangat para petinggi Kanwil Kemenag Sulsel. Dikatakan Syeikh Mahmud, melalui program Kemenag dengan MHM dalam program bertajuk Syiar Ramadan 1445 H dan Persaudaraan Manusia, dirinya bersama lima penceramah dan ahli Al-Qur’an dan hadis dari Negeri Piramida, akan melakukan ceramah dan menjadi imam tarawih di sejumlah masjid di Sulsel.

Pada Kamis (14/3), Syeikh Mahmud Abdul Malik membawakan ceramah tarawih sekaligus imam di Masjid Kubah 99 Makassar.

Ia menggantikan salah satu penceramah serta ahli Qur’an dan hadis Mesir, Syeikh Dr Shalahuddin el-Syami akibat terkendala penebangan dari Jakarta ke Makassar.

“Saya akan berbicara tentang keutamaan-keutamaan Ramadan,” ujarnya menyebut tema ceramahnya.

Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan juga mengungkapkan bahwa sebelumnya dia telah bertemu dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan perwakilah Majelis Ulama Indonesia, serta dengan Quraish Shihab di Jakarta.

“Indonesia ini bagaikan rumah kedua bagi kami.

Negeri ini menyambut kami dengan baik. Ini tidak hanya disaksikan oleh orang-orang Mesir, tapi banyak negara menyaksikan itu,” tuturnya.

Sebelumnya, Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan melangsungkan buka puasa bersama di Rujab Gubernur Sulsel Jalan Sungai Tangka atas undangan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Ada enam penceramah serta ahli Al-Qur’an dan hadis yang didatangkan dari negeri piramida. Masing-masing Syeikh Dr Shalahuddin el-Syami, Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan, Syeikh Sya`ban Abdul Fattah Uweis Muhammad, Syeikh Ahmad Muhammad Hasan, Syeikh Muhammad Sayyid Sulaiman Abdul Qadir, dan Syeikh Syarif Abdul Waris Mahmud Ali.

Selama Ramadan 1445 H, mereka kan bertugas di Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Sebelum keberangkatan menuju provinsi masing-masing, enam dai dan qari dari Al-Azhar ini diterima oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta.

(jun)

Jadwal Syiar Ramadan di Sulsel

+14 Maret 2024
-Masjid Kubah 99 Makassar, ceramah dan imam tarawih

+15 Maret 2024
-Masjid Al Ikhlas Kanwil, khutbah Jumat dan kajian
-Masjid Agung Takalar, ceramah dan imam tarawih

+16 Maret 2024
-Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa, ceramah dan imam tarawih

+17 Maret 2024
-Masjid Al Markaz Al Islami Maros, ceramah dan imam tarawih

+18 Maret 2024
-Masjid Agung Pangkep, ceramah dan imam tarawih

+19 Maret 2024
-Masjid Agung Bone, ceramah dan imam tarawih

+20 Maret 2024
-Masjid Racca, kultum subuh
-Masjid Agung Sinjai, ceramah dan imam tarawih

-21 Maret 2024
-Masjid Agung Bantaeng, kajian zuhur
Masjid Agung Jeneponto – Ceramah dan Imam Tarwih

+22 Maret 2024
-Masjid Raya Makassar, khutbah Jumat
-Masjid Al Markaz/Masjid Amirul mukminin, ceramah dan imam tarawih

+23 Maret 2024
-Masjid Babussalam Sudiang, ceramah dan imam tarawih

source