Bupati Minta Kualitas Pendidikan Lebih Meningkat
axel wiryanto
Thursday, 29 February 2024 13:23 pm
dibaca 78 kali

GOWA, BKM — Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gowa kini memiliki gedung kantor baru. Gedung berlantai dua ini dibangun di kawasan Taman Sultan Hasanuddin di Jalan Tumanurung, Sungguminasa, searea kantor Dinas Damkar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa.
Senin siang (26/2), kantor baru Disdik ini diresmikan penggunaannya oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni dan disaksikan Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin serta jajaran Forkopimda Gowa.
Usai menggunting pita tanda peresmian, Bupati Adnan mengatakan, dibangunnya kantor baru untuk Disdik tersebut sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Gowa.

”Karena pendidikan itu adalah investasi masa depan guna menyambut generasi emas di tahun 2045 maka unit kerja yang mengurusi pendidikan ini patut diperhatikan kenyamanannya bekerja untuk menjalankan program-program pendidikan.

Kita yakin dengan kantor baru dan lebih nyaman maka dapat membawa semangat dan motivasi yang lebih besar lagi dalam mewujudkan manusia yang berkualitas, sumber daya manusia berakhlak sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang dicita-citakan bersama,” kata Adnan.
Selain meresmikan gedung kantor Disdik, Adnan juga melaunching Digitalisasi Sekolah. Menurutnya, digitalisasi sekolah ini sangat dibutuhkan di era saat ini.

”Kita saat ini menghadapi revolusi industri yang luar biasa cepat dalam perkembangannya, untuk itu penggunaan teknologi digital menjadi sesuatu yang wajib dalam menyongsong era society 5.0 dan di kantor baru Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa menunjukkan eksitensinya dengan tanggap digitalisasi,” kata bupati Gowa.
Menurut Adnan, Pemerintah Kabupaten Gowa telah membuat sejumlah inovasi dalam bidang pendidikan guna menghadapi era digitalisasi. Inovasi ini untuk mempercepat layanan pendidikan di Kabupaten Gowa.
”Beberapa inovasi di Kabupaten Gowa untuk mempercepat layanan pendidikan yaitu Rukoku (Rumahku Sekolahku), Adnanku (Aplikasi Digital Notifikasi Kehadiranku) dan Sistem Pelayanan Digital.

Agar sistem yang sudah ada dapat berjalan dengan baik, maka saya harap seluruh perangkat ASN dapat memahami tugas dan tupoksinya. Core value seorang ASN adalah Berakhlak. Ini pun sangat penting untuk sebuah perubahan sikap dan perilaku melayani bangsa.Kita semua dituntut untuk capable, inovatif, accountable dan preference dalam menjalankan tugas. Karena di tangan kita, masa depan anak-anak kita. Kita mesti segera bergegas mempersiapkan seluruh perangkat-perangkat yang mereka butuhkan dalam mewujudkan cita-cita emas mereka,” tandas Adnan.
Usai diresmikan, kantor baru tersebut langsung digunakan oleh para pegawai Disdik. Alasannya seperti dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad, karena ini diera digitalisasi maka pegawai Disdik pun harus menggunakan alat digital yang ada di kantor baru tersebut, untuk melakukan pelayanan administrasi.
”Launching Sekolah Digital menjadi momentum bagaimana sekolah bisa mendedikasikan sekolahnya menjadi Sekolah Digital di tahun 2024 ini. Hal ini sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat bagaimana sekolah bisa memanfaatkan alat-alat digital. Makanya kita harus kampanyekan sistem ini. Para pegawai Disdik tidak hanya cuma tahu tapi harus memahami alat-alat digital mulai dari pemanfaatan dan penggunaannya,” kata Taufiq. (sar)

source