Muh Saleh Pj Bupati, dr Andy Plh Kadis PMD
axel wiryanto
Thursday, 22 February 2024 15:30 pm
dibaca 86 kali

MAKASSAR, BKM — Dua penjabat bupati di Sulsel resmi dilantik di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu (21/2). Mereka adalah Muh Saleh selaku Pj Bupati Luwu dan Andi Bataralifu sebagai Pj Bupati Wajo.
Sebelum dilantik jadi pj bupati, Muh Saleh adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel. Ia menggantikan Bupati Amran yang telah berakhir masa jabatannya.

Sementara Andi Bataralifu merupakan pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, yakni Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda). Yang digantikannya adalah Bupati Basmin Mattayang.
Setelah dilantik, jabatan Kepala Dinas PMD Sulsel langsung diisi oleh dr Andy selaku Pelaksana Harian (Plh). Hal itu dibenarkan oleh Penjabat Sekretaris Provinsi (Pj Sekprov) Sulsel Andi Muhammad Arsjad. Dia mengatakan, Andy dipilih karena dianggap paham dengan PMD. Jabatannya saat ini sebagai Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi PMD Sulsel.

”Plh (Kadis) PMD itu Pak Andy.

Dia kan salah satu kepala bidang di PMD Sulsel. Saya rasa pertimbangan pimpinan, karena beliau dianggap lebih memahami kondisi yang ada di sana,” terang Arsjad.

Pelantikan dua pj bupati dilakukan oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.
Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulsel Idham Kadir membacakan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Menteri Dalam Negeri memutuskan dan menetapkan keputusan pengangkatan Bupati Luwu dan Wajo. Mengangkat Muh Saleh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel sebagai Penjabat Bupati Luwu. Saudara Andi Bataralifu, Direktur Fasilitasi Daerah dan DPRD Ditjen Otonomi Daerah sebagai Penjabat Bupati Wajo,” tegas Idham Kadir.

Idham Kadir juga turut mengumumkan masa jabatan Muh Saleh dan Andi Bataralifu.

“Masa jabatan paling lama 1 tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan. Diberikan tunjangan kepala daerah sesuai aturan perundang-undangan,” lanjutnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilanjutkan untuk Pj Ketua TP PKK Wajo dan Luwu, yang tak lain adalah istri dari Muh Saleh serta Andi Bataralifu.
Bahtiar menyampaikan selamat kepada mereka yang dilantik.

“Hari ini telah dilantik Penjabat Bupati Wajo dan Luwu. Terhitung hari ini menjabat sampai dilantiknya pejabat yang baru,” ujarnya.
Kepada kedua penjabat bupati, Bahtiar menyampaikan agar pemimpin banyak turun langsung ke lapangan dan dekat serta memperhatikan rakyatnya.

“Supaya kehadiran kita sebagai penyelenggara pemerintahan benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Negara dan pemerintahan dibentuk adalah untuk menghadirkan kebahagiaan bagi rakyatnya, itu kata Bung Hatta.

Pemerintah daerah juga dibentuk begitu. Konsep ini diajarkan oleh Presiden kita Pak Jokowi. Aparat pemerintah harus hadir sebagai representasi negara,” imbuhnya.

Pemerintah di Sulawesi Selatan dapat menjadi motor mengembalikan jiwa dan nurani pemerintahan serta tugas pemerintahan yang sejati dan hakikih.

“Datang ke masyarakat, ngobrol bersama mereka. Ajak mereka salaman dan tatap matanya. Akan kita rasakan harapannya.

Itulah tugas kita sebagai pemimpin, tugas kita sebagai aparatur negara,” ujarnya. (jun)

source