85 Anggota DPRD Sulsel Tak Masuk Kantor
axel wiryanto
Wednesday, 14 February 2024 19:52 pm
dibaca 186 kali

MAKASSAR, BKM–Dalam sepekan terakhir, aktivitas 85 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan lebih banyak di daerah pemilihan (Dapil) dibandingkan melakukan aktivitas di gedung DPRD Sulsel.
Bahkan dua hari jelang pencoblosan, tepatnya Senin (12/2) gedung DPRD Sulsel lengang dari aktivitas para wakil rakyat. Para wakil rakyat tak satupun masuk kantor, berlokasi di Jl. Urip Sumiharjo Makassar.

Pantauan koran inu, sejak pagi jam 08.30 hingga pukul 14.00, baik pimpinan maupun anggota dewan tak kelihatan di gedung tersebut.

Padahal seharusnya jelang pemiliihan tetap berkantor. Namun, mereka lebih memilih menjaga basis di Dapil ketimbang masuk kantor.
Bukan hanya hari ini, namun, aktivitas para anggota DPRD Provinsi Sulsel, belakangan ini terlihat sepi. Kantor DPRD Provinsi hanya diisi oleh para pegawai sekretariat Dewan. Sementara anggota dewan terhormat sendiri, tidak terlihat berkantor.
Sekwan DPRD Sulsel, M Jabir mengakui bahwa ketidakhadiran anggota dewan belakangan ini karena masih menghadapi momentum Pilpres dan Pileg.

“Iye masih kosong agenda dewan, kosong karena mereka persiapan Pileg dan Pilpres,” ujar M Jabir, Senin (12/2/2024).
Jabir menyebutkan bahwa sesuai jadwal Badan Musyawarah (Bamus) dewan. Kegiatan 85 pimpinan dan anggota DPRD di triwulan pertama mulai bulan Januari hingga Maret.
Adapun beragam kegiatan diluar kantor, berkaitan dengan pengawasan dan juga reses di Dapil masing-masing. Setelah itu, bekerja kembali, aktif berkantor usai pemilu.
“Untuk sementara kegiatan dewan di triwulan pertama Januari-Februari, Maret.

Pengawasan peserta reses. Jadi, setelah tanggal 14 Februari baru masuk, karena banyak agenda seperti rapat dan juga RDP. Tindak lanjut aspirasi,” tukasnya.
Menurutnya, tidak ada kewajiban bagi anggota dewan untuk setiap hari datang ke kantor dan mengambil absen. Yang wajib dihadiri adalah rapat-rapat, termasuk rapat paripurna.
“Nanti dewan aktif setelah pemilu. Kedepan ada evaluasi kegiatan penyerapan anggaran mitra komisi-komisi di Pemprov,” tambah Jabir.
Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sulsel Darmawangsyah Muin mengaku akan menggeser jadwal resesnya. “Saya akan melaksanakan reses nanti setelah Pemilu,”ujar Darmawangsyah yang juga sekretaris DPD Partai Gerindra Sulsel ini. (rif)

source