Pj Gubernur Mencoblos di TPS IMMIM
axel wiryanto
Wednesday, 14 February 2024 03:06 am
dibaca 82 kali

MAKASSAR, BKM — Di masa tenang menjelang pencoblosan, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) aktif membagikan undangan memilih. Untuk Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin akan menggunakan hak pilihnya di Sulawesi Selatan.
Ia bersama keluarga terdaftar sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001, Kelurahan Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang. TPS tersebut tidak jauh dari rumah jabatan Gubernur Sulsel.

“Sama keluarga di IMMIM (TPS) besok,” ujarnya usai menghadiri Zikir dan Doa Kebangsaan untuk Pemilu Damai 2024 di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Senin (12/2).

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan Bahtiar Baharuddin juga telah mengimbau masyarakat untuk ikut menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 14 Februari.

Kemudian ikut menjaga kondusivitas sampai pemilu berakhir.

Hal senada disampaikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan. Masyarakat diimbau untuk ikut mengawasi potensi terjadinya kecurangan di TPS.
Anggota Bawaslu Sulsel Syaiful Jihad mengatakan, upaya mitigasi dan antisipasi terjadinya masalah di TPS yang dipandang dapat merusak dan menciderai proses pemilu.

“Kita berharap, semua masyarakat ikut serta mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Kalau perlu ikut memotret hasilnya, sebagai dokumen resmi suara pemilih di TPS,” jelas Syaiful, Senin (12/2).

Sementara itu, sejumlah tokoh partai politik (parpol), utamanya pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan akan melakukan pencoblosan untuk memilih pasangan capres dan cawapres, calon anggota DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi maupun kabupaten/kota. Mereka ada memilih di Kota Makassar, tapi ada pula yang mencoblos di daerah.
Wakil Ketua I DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif menyebut dirinya akan memilih di Kabupaten Sidrap.

“Saya akan memilih di TPS 2 Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap” ujar Syaharuddin Alrif yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel ini, Senin (12/2).
Wakil Ketua III DPRD Sulsel Ni’matullah Erbe yang akan memilih di Kota Makassar. “Saya akan memilih di TPS 007, Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar” ucap ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulsel ini.
Hal sama juga disampaikan Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel Azhar Arsyad. Ketua Fraksi PKB DPRD Sulsel ini akan mencoblos di TPS 057 kompleks Griya Athirah Kelurahan PAI Makassar.
Sementara Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel Andi Ridwan Wittiri (ARW) mengaku bila dirinya akan memilih di dekat rumahnya. “Saya akan mencoblos dekat rumah,” ujarnya tanpa menjelaskan alamat rumah yang dimaksud.
Adapun Ketua DPW Partai Ummat Sulsel H Abd Hakim juga akan memilih di Makassar. “Saya akan memilih di TPS 01 Kelurahan Mannuruki, Kecamatan Tamalate,” ujar Abd Hakim.
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan dirinya bersama keluarga akan memilih di Kompleks Rumah Jabatan Bupati di Kelurahan Tombolo, yakni TPS 007. TPS ini sama dengan yang ditempati Bupati Gowa dan keluarga mencoblos pada Pilkada 2020.
“Insyaallah TPS saya bersama keluarga tetap di sekitaran rujab. Kalau dulu saat Pilkada TPS- nya berada dalam gedung PKK. Sekarang didirikan di pelataran parkiran rujab. TPS 007 ini informasinya yang akan ditinjau atau dikunjungi oleh Forkopimda Sulsel saat melakukan pemantauan nanti,” kata Adnan. (jun-rif)

source