Tujuh Jabatan Kepala OPD Mulai Dilelang
axel wiryanto
Friday, 02 February 2024 08:34 am
dibaca 86 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar telah mengantongi izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melaksanakan Seleksi Terbuka (Selter) atau yang populer disebut lelang jabatan. Izin tersebut diterima Pemkot Makassar, Rabu (31/1).
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) langsung bergerak cepat menindaklanjuti hal itu dengan melaporkan ke Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto serta Pj Sekkot Firman Hamid Pagarra.
“Sesuai instruksi dari pimpinan, kami langsung disuruh menyusun pengumuman dan tata cara atau mekanisme pendaftaran,” ungkap Kepala BKPSDM Akhmad Namsum via telepon, Kamis sore (1/2).
Dia mengatakan, secara resmi pendaftaran seleksi terbuka mulai dibuka hari ini, Jumat, 2 Februari 2024. Pendaftaran akan dibuka selama 14 hari, 2-16 Februari 2024.

Ada tujuh Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) setingkat kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) yang akan dilelang.

Yakni kepala Dinas Ketahanan Pangan, kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, kepala Dinas Lingkungan Hidup, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, kepala Satuan Polisi Pamong Praja, dan kepala Dinas Sosial.
Mantan Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar itu mengatakan, setelah pendaftaran, tahap berikutnya yang akan dilakukan adalah seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak, pada 17 Februari 2024. Selanjutnya pengumuman hasil seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak akan diumumkan pada 20 Februari 2024 mendatang.
Tahapan penilaian kompetensi (Assessment Centre) dan penulisan makalah pada 21-24 Februari 2024. Selanjutnya, pengumuman hasil penilaian kompetensi (Assessment Centre) dan hasil penulisan makalah akan dilaksanakan 29 Februari 2024 mendatang.
Tahapan wawancara kompetensi 1-2 Maret 2024. Pengumuman hasil wawancara 6 Maret 2024, rapat penentuan hasil pada 8 Maret, dan pengumuman hasil tiga terbaik akan dilaksanakan pada 9 Maret 2024 mendatang.
Akhmad Namsum mengatakan, untuk mengetahui secara rinci mengenai persyaratan serta tahapan seleksi, calon pelamar bisa membuka website http://bkpsdmd.makassarkota.go.id.

Dia menekankan, Selter atau lelang jabatan ini terbuka untuk umum, akan dilaksanakan secara fair, transparan dan obyektif. “Terbuka untuk siapa saja yang memenuhi persyaratan. Dilakukan secara fair sehingga para pelamar punya peluang yang sama,” tegasnya.
Dia menambahkan, untuk seleksi terbuka kali ini, ada kriteria yang harus dimiliki pada pelamar.

Peserta yang berasal dari jabatan struktural wajib lulus Diklat Pim III atau Pelatihan Kepemimpinan Administrator, diutamakan telah lulus Diklatpim Tingkat Il atau pelatihan kepemimpinan nasional.
Setiap pelamar dapat mendaftar maksimal pada tiga jabatan pimpinan tinggi pratama yang dibuka. Khusus untuk pelamar JPT Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, harus menyertakan fotokopi STTP Pendidikan dan Pelatihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Penegak Perda, atau surat pernyataan bersedia mengikuti pendidikan dan latihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Penegak Perda bagi yang pelamar yang belum mengikuti diklat tersebut. Pelamar juga wajib menyerahkan fotokopi tanda bukti penyerahan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)/ Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).
Dikonfirmasi terpisah, Pj Sekkot Makassar Firman Hamid Pagarra membenarkan jika seleksi terbuka lelang jabatan sudah mulai dibuka Kamis, 2 Februari 2024. Keputusan itu diambil setelah dilakukan rapat bersama tim seleksi (timsel) lelang jabatan, kemarin.
“Setelah kami mendapat rekomendasi persetujuan atau izin dari KASN untuk melaksanakan seleksi terbuka, Timsel menindaklanjuti dengan menggelar rapat dan diputuskan lelang jabatan mulai dibuka,” jelas Firman.
Dia mengimbau kepada seluruh pejabat yang memenuhi syarat, khususnya yang berada di lingkup Pemkot Makassar untuk ikut dalam mekanisme lelang jabatan ini. “Kami mengimbau kepada para pejabat yang memenuhi persyaratan untuk bisa memanfaatkan peluang ini dengan mendaftarkan diri sebagai peserta lelang jabatan,” imbuhnya. (rhm)

source