Pemkab Gowa Intens Lakukan Jumat Ibadah
axel wiryanto
Saturday, 27 January 2024 21:53 pm
dibaca 83 kali

GOWA, BKM — Salah satu program prioritas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni adalah bidang keagamaan. Juga bidang pendidikan dan kesehatan.
Kurun mendekati 10 tahun selama dua periode masa kepemimpinan Adnan-Rauf ini, salah satu program keagamaan yang intens dilaksanakan hingga kini adalah program pencerahan qalbu yang dikemas dalam Jumat Ibadah.

Program ini digelar setiap hari Jumat pagi dan tempatnya berpindah-pindah, kadang di Masjid Agung Syekh Yusuf, di Masjid Nur Ichsan, di Baruga Karaeng Galesong namun kadang juga dilakukan secara virtual yang diikuti seluruh pimpinan SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa dan para pegawai pemerintahan Gowa yang tersebar di mana saja.
Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Gowa, Muh Taufiq Akib yang dihubungi BKM, Jumat (26/1), mengatakan, kegiatan Jumat Ibadah ini adalah program rutin dilaksanakan.

Bahkan wajib dilakukan dan diikuti para pimpinan dan pegawai SKPD.
”Untuk setiap bulan di minggu pertama itu kegiatan Jumat Ibadah ini dilaksanakan di Masjid Agung. Itu satu kali satu bulan. Untuk Jum’at minggu kedua hingga keempat digelar secara virtual. Jadi ini rutin. Hanya kadang tempatnya atau medianya yang berbeda. Yang jelas Jum’at Ibadah wajib dilakukan dan diikuti para pegawai,” jelas Taufiq.
Dikatakan Taufiq, Jum’at Ibadah ini turun temurun dilakukan sejak masih Ichsan Yasin Limpo (almarhum) sebagai bupati Gowa. Kemudian dimasa pemerintahan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
”Program ini terus berkelanjutan. Sebab ini adalah penguatan silaturahmi para pegawai serta sebagai program pengembangan SDM pegawai di bidang religi yang tentunya untuk peningkatan akhlakul kharimah. Sehingga membuat para pegawai tetap menjalankan tugas dengan didasari ketakwaan yang baik sehingga jauh dari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan syariat agama,” kata Kabag Kesra usai mengikuti pencerahan qalbu Jumat Ibadah secara virtual dipimpin Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni bersama Pj Sekretaris Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania, diikuti seluruh pimpinan SKPD, para camat, Kades, dan lurah Se-Gowa. (sar)

source