Menguji Kesadaran Politik Pemilih Muda
axel wiryanto
Tuesday, 16 January 2024 10:46 am
dibaca 98 kali

PEMILU 2024 tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi ini adalah ajang yang ditunggu-tunggu sebagaiimana nantinya yang terpilih pemimpin terbaik, berwibawa, bisa melakukan perubahan terhadap Indonesia. Pemilu kali ini akan didominasi oleh pemilih dengan usia produktif.

Mereka adalah kaum muda dengan umur 17-39 tahun.

Melihat dari sisi kuantitas, pemuda akan lebih mendominasi, terutama dari sisi demokrasi yang mengimplementasikan mayoritas suara terbanyak, sebagaimana bonus demografi mulai terbaca bahwasanya dominasi pemuda di Indonesia sudah cukup banyak yang secara tidak langsung juga akan menandakan jika pemilu 2024 didominasi oleh kaum usia produktif.

Namun kesadaran berpolitik pemilih muda masih perlu diuji.

Hal itu dikarenakan menurunnya kepercayaan terhadap kinerja pemerintahan. Karena itu, untuk meningkatkan partisipasi tersebut generasi muda harus mendapatkan kepercayaan kembali dari pemerintah dan menuntaskan amanah dan tanggung jawabnya, serta mereka menyadarkan betapa penting partisipasi kaum muda untuk arah gerak bangsa.
Harapan saya ke depannya adalah sebagaimana kita sebagai generasi muda penerus bangsa, menanamkan pada diri masing-masing bahwasanya betapa pentingnya partisipasi kita dalam politik. Karena hak suara kita tentunya dengan tujuan menuju kebaikan, tidak lain dan tidak bukan demi masa depan yang lebih baik. (pkl3)

source