APPI Wilayah Sulawesi Gelar Webinar Nasional
axel wiryanto
Saturday, 13 January 2024 20:50 pm
dibaca 96 kali

ENREKANG, BKM — Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Wilayah Sulawesi menyelenggarakan webinar nasional dalam rangka Road To Munas APPI dan memperingati Hari Disabilitas Internasional, dengan tema “Penguatan Peran Pusat Layanan Disabilitas Untuk Mengoptimalkan Potensi Mahasiswa Disabilitas di Perguruan Tinggi Inklusi”.

Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi menjadi kebutuhan yang penting untuk diwujudkan. Hal ini berdasarkan prinsip bahwa “Education for all” tanpa kecuali.

Pendidikan inklusif adalah proses pendidikan formal yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa penyandang disabilitas (difabel) untuk ikut serta di kelas yang sama dengan mahasiswa non-difabel.

Acara ini diselenggarakan pada, Sabtu, 23 Desember 2023 jam 08.30 – 15.30 Wita via Zoom Meeting dan gratis. Kegiatan ini disediakan Juru Bahasa Isyarat (JBI) Karena pesertanya ada yang disabilitas rungu atau tuli.

Ketua pelaksana Eva Meizara Puspita Dewi, S.Psi.,M.Si., Psikolog (Dosen Psikologi UNM) menyampaikan bahwa ada 4 Narasumber Hebat yang kita undang untuk menginspiradi para peserta, yakni: Ibu Rofah, S.Ag., BSW, MA, Phd, (Tim Perumus UU disabilitas, Anggota IDPP, dan Project Manager INDOEDUCALL), Zubaidah Ningsih, S.Si., M.Phil., Phd (Kepala UPT PSLD Universitas Brawijaya Malang), Prof. Dr. Frieda Mangunsong, M,Ed, (Dewan Penasehat APPI Pusat, Guru Besar Fakultas Psikologi UI), Dr. Didi Tarsidi, M.Pd, (Pensiunan Dosen Pendidikan Khusus Universitas Pendidikan Indonesia). Adapun jumlah peserta yang ikut dalam webinar ini sebanyak 150 orang mulai dari para pengelola ULD di kampus inklusi, para mahasiswa disabilitas dan masyarakat uomum. Kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena banyak mendapatkan pencerahan dari para narasumber yang inspiratif. (rls)

source