Wisatawan Bandung Akui Keindahan Burake
axel wiryanto
Monday, 01 January 2024 18:56 pm
dibaca 96 kali

MAKALE, BKM — Wisawan mancanegara (Wisman) dan wisatawan Nusantara (Wisnus) di momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) membanjiri obyek wisata (Obwis) religu Buntu Burake sejak Senin (25/12).
Di bwis Buntu Burake wisatawan dari berbagai penjuru daerah di Indonesia mulai berdatangan menyaksikan panorama alam indah dari ketinggian kurang lebih tiga km dari Kota Makale.

Nampak petugas kepolisian Polres Tana Toraja di Pos pengamanan Nataru dan Ops Lilin 2024 intens melakukan pengamanan sehingga selama musim libur dipastikan keamaenan wistawan di obwis Buntu Burake terjamin. Data diperoleh di pos retribusi Buntu Burake per (24-25/12) kurang lebih 2.500 wisatawan tiba di kawasan Burake.

Salah seorang wistawan asal Bandung Soffiruchaefi panggilan akrab Sofi kepada BKM mengatakan saat berwisata ke Toraja dan salah satunya sambangi obwis Buntu Burake datang bersama kru dan rekan-rekannya dari Kota Malang.
”Tempat ini bersejarah, pemandangannya begitu indah sehingga kunjungan kami kedua kalinya ke Burake sangat terkesan.

Ayo ke Toraja tidak lengkap wisata anda kalau tidak mengkunjungi Burake,” ujar Sofi.
Senada dengan Sofi, wisatawan asal Wajo Hengky mengakui Obwis Burake begitu bersih sehingga menambah daya tarik wisatawan berbondong-nondong berdatangan.
”Pesan saya ke pengelola fasilitas wisata lainnya dilengkapi agar para wisatawan nyaman, sala satunya jadi perhatian jalan ke Burake berkelok, tikungan berbahaya, bahkan mematikan jika tidak hati-hati,” singkat Hengky. (gus/C)

source