Tim PKM-PM UNM Latih Wanita Binaan UPT PPSKW Mattiro Deceng
axel wiryanto
Tuesday, 17 October 2023 10:39 am
dibaca 225 kali

MAKASSAR, BKM — Tiga PKM-PM Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan program pelatihan kepada wanita binaan di UPT PPSKW Mattiro Deceng sejak 1 September 2023. Mereka adalah Shal Sabila, Putri Chairunnisa, dan Susi Anriani (Bimbingan dan Konseling), serta Salsabila Putri (Psikologi). Keempatnya didampingi dosen BK Fakultas Ilmu Psikologi UNM Akhmad Harum,S.Pd.M.Pd.

Kegiatan ini merupakan salah satu program hibah yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) tahun 2023. Tim mengusung judul Gratitude Counseling dan Spiritual Teistik untuk Meningkatkan Well Being Wanita Tuna Susila Mattiro Deceng sebagai Pencegah Residivis di Masa Mendatang.

Program ini dilaksanakan untuk membantu wanita tuna susila di Mattiro Deceng meningkatkan  atau kesejahteraan psikologisnya melalui konseling kebersyukuran (gratitude counseling) dan spiritual teistik. Pelaksanaan program ini dikemas dalam aktivitas-aktivitas menyenangkan berbasis individu dan kelompok yang juga di dalamnya menggunakan Focus Group  Discussion (FGD) dan katarsis menulis.

“Program ini dilaksanakan karena melihat kondisi psikologis para wanita tuna susila yang cenderung mudah stres, kurang bahagia, hingga kesulitan menentukan rencana hidup ke depannya. Kondisi tersebut merupakan indikator kesejahteraan psikologis yang cukup rendah,” jelas Shal Sabila.

Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan yakni pelatihan Butterfly Hug sebagai bentuk self healing yang dapat dilakukan oleh para wanita tuna susila ketika mereka merasakan emosi negatif yang berlebihan.

Ke depannya diharapkan program ini dapat dilanjutkan oleh pekerja sosial di UPT PPSKW Mattiro Deceng sebagai program tetap untuk membantu para wanita tuna susila meningkatkan kesejahteraan psikologisnya, serta mengarahkan mitra menentukan rencana hidupnya agar tidak menjadi residivis di masa mendatang. (rls)

The post Tim PKM-PM UNM Latih Wanita Binaan UPT PPSKW Mattiro Deceng appeared first on Berita Kota Makassar.

source