Proyek Fisik dan Non Fisik TMMD Masuki Finishing
axel wiryanto
Thursday, 12 October 2023 16:31 pm
dibaca 109 kali

Sejumlah sasaran kegiatan yang memasuki tahap perampungan adalah pengerjaan decker, RTLH dan perintisan jalan tani. Untuk pengerjaan fisik decker pada sasaran pembangunan jalan produksi tani Sipatuo Dusun 3 Paraja, Desa Kalempang penyelesaiannya mencapai 100 persen.
Pengerjaan sejumlah Mandi, Cuci, Kakus (MCK) di rumah-rumah warga juga memasuki tahap finishing. Untuk MCK perkembangannya sudah mencapai 95 persen.

Program fisik Rumah Tangga Layak Huni (RTLH) mengalami perkembangan signifikan. Sasaran fisik sudah pemasangan atap rumah disertai pemasangan instalasi listrik dan tinggal beberapa hari lagi kedepan sudah bisa diserahkan kuncinya ke pemilik rumah Nasir untuk di tempati.
Dansatgas TMMD ke-118 Kodim 1420 Sidrap Letkol (Inf) Andika Ari Prihantoro kepada BKM, Rabu (11/10) menjelaskan persentase pengerjaan fisik disemua lini sudah signifikan dan diantaranya sudah masuki tahap finishing.
“Saya berterima kasih kepada semua personel yang terlibat dalam kegiatan TMMD ini sudah melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing,” ujar Letkol Andika.

Menurutnya, memasuki akhir Minggu ketiga sejak dibuka 19 September bulan lalu, sedikitnya ada puluhan pengerjaan infrastruktur fisik maupun non fisik dilakuan di perbatasan Kabupaten Enrekang tersebut.
Diantaran sasaran fisik adalah pengerasan dan rehabilitasi jalan meliputi satu unit jembatan, enam unit decker, dan 10 gorong-gorong serta pengerasan jalan sepanjang 3.750 meter.
Perkuatan talud sungai sepanjang 140 Meter, pembangunan jalan tani sepanjang 1.730 meter, pembangunan satu unit RTLH, pembangunan dua unit jambanisasi.

Untuk sasaran non fisik, kata Dandim, meliputi Penyuluhan kesehatan, Penyuluhan pertanian,
Penyuluhan hukum dan narkoba, Penyuluhan wasbang dan bela negara, Pembagian paket bansos dan stunting dan Sunatan massal serta Pembentukan kampung pancasila.

“Laporan perkembangannya semuanya sudah masuki tahap perampungan akhir, termasuk kegiatan non fisik sudah 80 persen terealisasi. Insyaallah kita optimis semua sasaran fisik selesai sebelum diresmikan akhir Oktober ini,”lontarnya.
Dandim menambahkan, penyelesaian program TMMD di desa terpencil Sidrap dapat bermanfaat, terutama adanya peningkatan sektor ekonomi masyarakat yang signifikan.
“Harapan kami masyarakat menjaga dan memelihara semua sarana dan prasarana fisik yang sudah dibangun.

Pola hidup sehat masyarakat Desa Kalempang bisa diterapkan setelah dibangunkan MCK masing-masing. Tidak ada lagi warga yang mandi, buang air dan mencucin di sungai, semua itu diberikan fasilitas WC yang memadai,”tandasnya. Sasaran non fisik oleh Tim Satgas juga sudah melaksanakan. Seperti Penyuluhan Pertanian dengan menggandeng dari BPP Kecamatan Pitu Riawa. (ady/C)

The post Proyek Fisik dan Non Fisik TMMD Masuki Finishing appeared first on Berita Kota Makassar.

source