Dua SMA di Makassar Jadi Lokasi Sosialisasi QRISPeak for Student GenBI Sulsel
axel wiryanto
Monday, 02 October 2023 01:42 am
dibaca 173 kali

MAKASSAR, BKM — QRISPeak for Student merupakan kegiatan sosialisasi penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pada para pelajar di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), khususnya di SMAN 5 dan SMAN 12 Makassar.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Deputi Kewirausahaan Generasi Baru Indonesia (GenBI) wilayah Sulawesi Selatan Sulsel). Diikuti anggota Deputi Kewirausahaan sebagai pihak yang memberikan penyuluhan, dan seluruh siswa SMAN 5 dan SMAN 12 Makassar sebagai audiens.

QRISpeak berlangsung selama dua hari. Pada hari Jumat, 22 September 2023 dilaksanakan di SMAN 5 Makassar. Selanjutnya, pada Jumat, 29 September 2023 di SMAN 12 Makassar. Di kedua sekolah tersebut, kegiatan sosialisasi dilakukan di kelas-kelas. Termasuk di gazebo, tempat para pelajar umumnya menghabiskan waktu istirahat siangnya.

Tujuan diadakannya QRISpeak adalah untuk memperkenalkan QRIS kepada para pelajar yang ada di SMAN 5 dan SMAN 12 Makassar. Selanjutnya, dengan lebih mengenal tentang QRIS, para pelajar diharapkan dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dan memahami bahwa QRIS merupakan solusi pembayaran digital yang aman dan efisien. Sehingga, para pelajar dapat lebih terbuka lagi terhadap era digitalisasi.

Pada hari pertama, QRISpeak dimulai dengan melakukan sosialisasi di ruang-ruang kelas 11 dan kelas 12 SMAN 5 Makassar. Selain di ruang kelas, panitia dan relawan juga mensosialisasikan QRIS di gazebo-gazebo yang ada di lingkup sekolah. Panitia dan relawan QRISpeak berhasil mensosialisasikan QRIS ke 151 siswa. Menariknya, ada beberapa siswa yang mendapatkan merchandise sebagai hadiah, karena telah berpartisipasi aktif selama sosialisasi QRIS di kelas.

Selanjutnya, pada hari kedua, QRISpeak dimulai dengan arahan dari Andi Bella Oktavia selaku ketua panitia. “Pada hari ini, sosialisasi hanya akan dilakukan di ruang-ruang kelas 12 saja. Ini berdasarkan pertimbangan dan hasil komunikasi bersama guru yang ada di SMAN 12 Makassar,” ujarnya.

Tak lupa, para siswa kembali diberikan merchandise menarik berupa tumbler bagi yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan QRISpeak.

Di sela-sela sosialisasi, salah satu pegawai tata usaha, ibu Hera, mengatakan bahwa kegiatan QRISpeak for Student ini sangat positif dan bermanfaat. ”Kegiatan ini memberikan peluang kepada siswa-siswi untuk memahami dan merasakan penggunaan QRIS dalam kehidupan sehari-hari mereka,” katanya.

Pemberian souvenir seperti sheetmask dan hadiah tumbler sebagai insentif untuk partisipasi aktif siswa adalah ide yang bagus untuk mendorong mereka berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Selain itu, inisiatif melakukan experience QRIS 1 rupiah untuk masjid dan gereja binaan Bank Indonesia menunjukkan upaya untuk mendorong kepedulian sosial dan nilai-nilai keagamaan. (rls)

The post Dua SMA di Makassar Jadi Lokasi Sosialisasi QRISPeak for Student GenBI Sulsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source