Tim Bank Sampah Unhas Edukasi Tata Kelola Sampah di Fakultas Kedokteran
axel wiryanto
Sunday, 01 October 2023 03:51 am
dibaca 94 kali

Kegiatan ini dibuka salah satu Wakil Dekan Fakultas Kedokteran. Wakil dekan mengatakan, kehadiran tim bank sampah Unhas ini bisa disinergikan dengan program  tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin berupa pelatihan identifikasi dan pemilahan sampah.

Dalam pemaparannya, Dr Irwan menyampaikan tentang program pokja Bank Sampah Unhas. Menurutnya, salah satu tugas bank sampah ini adalah mendukung program zero waste yang dicanangkan oleh pihak rektorat Unhas.

Irwan yang pernah lama  tinggal di Jepang ini mengungkapkan bahwa Unhas saat ini diperhadapkan pada persoalan sampah yakni sampah organik berupa daun-daunan maupun sampah anorganik.

Sementara itu, Viana Pramugasari menjelaskan tentang pengolahan sampah anorganik seperti plastik, kertas, logam dan botol kaca. Menurut aktifis lingkungan dari Yayasan Peduli Negeri Indonesia ini, pengelolaan sampah kuncinya adalah pemilahan sampah sesuai dengan jenisnya.

Untuk itu, kata Viana, penting bagi pihak fakultas dan jajarannya untuk melakukan pemilahan dari sumber awal sampah.

“Kami dari Bank Sampah kampus Unhas akan mengoptimalkan harga pembelian di nasabah bank sampah. Sehingga kami mengimbau kepada seluruh civitas akademika di Fakultas Kedokteran untuk mau menjadi nasabah dan menabung sampah di bank sampah kami,” ujar Viana.

Sementara itu, Ibrahim yang juga dari Yayasan Peduli Negeri Indonesia berharap, jika pihak Unhas khususnya Fakultas Kedokteran agar melakukan penanganan khusus untuk sampah medis.

Menurut dia, sampah laboratorium kedokteran perlu penangan khusus karena masuk kategori limbah spesifik atau sampah B3. Sementara Unhas, kata dia, belum punya data atau manifest sampah berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.

Untuk itu, kata Ibrahim, perlu membangun fasilitas khusus untuk penanganan sampah B3 yang di dahului dengan pendataan potensi (volume) limbah B3 di Unhas.

Menjawab hal ini, pihak Fakultas Kedokteran akan melakukan  pelatihan identifikasi dan pemilahan sampah spesifik serta perhitungan sumber daya manusia yg dibutuhkan bagi Fakultas Kedokteran.

Sementara untuk penanganan limbah secara khusus tetap harus arahan rektorat.

Selain di dalam ruangan, peserta pelatihan juga diajak ke kantor Bank Sampah unit kampus Unhas di Exfam Fakultas Pertanian. Di lokasi ini, para peserta diajarkan mengenai pemilahan sampah baik organik maupun anorganik. (rls)

The post Tim Bank Sampah Unhas Edukasi Tata Kelola Sampah di Fakultas Kedokteran appeared first on Berita Kota Makassar.

source