DPRD Desak APH Tertibkan Tambang Ilegal
axel wiryanto
Wednesday, 27 September 2023 05:54 am
dibaca 144 kali

MAKALE, BKM — DPRD kabupaten Tana Toraja mendesak Aparat Penegak Hukum (APH) menindak tegas para pelaku penambang galian C ilegal yang beroperasi di Tana Toraja tanpa mengantongi izin. Ketua Komisi IIIDPRD Tator Kendek Rante mengatakan dirinya menerima banyak keluhan dan laporan dari masyarakat tgerkait kegiatan tambang ilegal yang marak.

”Apalagi setelah tim dari Polda Sulsel yang datang ke Toraja memantau dan mengawasi aktivitas tambang galian C, momen melakukan penindakan tanpa pandang bulu,” tegas Kendek Rante kepada BKM, Jumat (22/9) lalu.

Politisi Golkar ini menambahkan lokasi penambangan batu gunung, batu sungai dan pasir marak sekali tanpa izin. Hal ini secara nyata telah melanggar aturan dan tidak satupun di proses hukum. Jika praktik penambangan ilegal ini dibiarkan selain berdampak buruk pada kerusakan lingkungan, juga tidak berkontribusi pendapatan asli daerah (PAD).
”Aparat hendaknya serius menyelidiki tambang liar di Tana Toraja dan diambil tindakan tegas sesuai hukum, ”pungkas Kendek. (gus/C)

The post DPRD Desak APH Tertibkan Tambang Ilegal appeared first on Berita Kota Makassar.

source