Banggar Akan Membahas Refokusing APBD Perubahan 2023
axel wiryanto
Wednesday, 20 September 2023 21:08 pm
dibaca 104 kali

Anggota Fraksi PKB ini, mengatakan usai rapat Paripurna KUA PPAS, kemudian dilanjutkan dengan rapat Badan Anggaran (Banggar), untuk membahas refokusing program APBD Perubahan 2023.

“KUA PPAS adalah bagian dari dokumen kebijakan anggaran yang harus dibahas sesuai ketentuan perundang-undangan,” ungkapnya.

Usai rapat Banggar, akan dilanjutkan dengan konsultasi ke komisi-komisi terkait dengan leading sektornya masing-masing.
Menurutnya, anggaran urgen pada APBD Perubahan Provinsi Sulsel 2023 sebesar Rp1,133 Triliun salah satunya adalah anggaran Pilgub sebesar Rp244 Miliar. “Di draf rancangan KUA PPAS yang nantinya disahkan APBD Perubahan disetujui di Banggar ada anggaran 40 persen atau Rp224 miliar untuk kebutuhan Pilgub,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPW PKB Sulsel ini mengungkapkan dari total APBD Perubahan sebesar Rp10.133 miliar, ada dua hal yang dianggap menelan anggaran agak besar yakni Anggaran Pilgub dan penambahakan anggaran Biro Umum Pemprov terkait anggaran makan-minum dan rapat-rapat lintas sektor atau Forkopimda sebesar Rp10 miliar.

Pasalnya, anggaran Pilkada atau Pilgub menjadi prioritas Pj Gubernur Sulsel sehingga untuk mengurangi beban APBD pokok 2024, akan dimasukan dalam APBD Perubahan 2023 yang akan disahkan nantinya di agenda paripurna APBDP pada akhir September.

“Soal anggaran Pilkada atau Pilgub. Ini diatur dalam UU dan juga program prioritas Pj Gubernur Sulsel. Dia sampaikan bahwa Kemendagri buat aturan untum adanya persiapan anggaran cadangan, jadi perlu dimasukan anggaran Rp224 miliar itu untuk kebutuhan pilgub Sulsel,”tuturnya.

Tak hanya itu, Irwan menjelaskan bahwa alokasi anggaran Rp224 miliar itu dipastikan akan menggeser sebagian anggaran OPD lingkup Pemprov.

Hal tersebut, dikarenakan kebutuhan pilgub 2024 bagian terpenting dari penjalanan demokrasi. “Pak Pj Gubernur mau anggaran Pilkada harus masuk prioritas. Maka anggaran Rp224 miliar ini, akan menggeser kegiatan teknis sejumlah OPD,”pungkas Irwan. (jun/rif)

The post Banggar Akan Membahas Refokusing APBD Perubahan 2023 appeared first on Berita Kota Makassar.

source