Warga Miskin Tapi Miliki Rumah Tiga Lantai
axel wiryanto
Friday, 15 September 2023 10:09 am
dibaca 230 kali

MAKASSAR, BKM –Pemerintah Kota Makassar harus bekerja keras dalam memverifikasi dan memvalidasi data warga miskin yang bermukim di Makassar. Pasalnya, data saat ini tidak lagi relevan untuk melihat jumlah kemiskinan ekstrem karena ditemukan ada warga yang masuk kategori miskin tetapi memiliki rumah bertingkat tiga hingga perabotan yang lengkap.

Masing-masing OPD kata Fatma punya peran dalam penurunan miskin esktrem ini. Misalnya, Dinas Pendidikan berupaya maksimal agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah sesuai dengan visi misi Pemkot Makassar.
Karena anak putus sekolah bisa menjadi salah satu pemicu terciptanya generasi miskin ekstrem.
“Anak-anak yang tidak sekolah kita kembalikan ke sekolah. Bukan cuma itu, kita harus tahu apa yang menjadi penyebabnya anak-anak putus sekolah dan itu penting pendampingan sampai betul-betul selesai masa pendidikannya,” paparnya.
Kemudian di bidang kesehatan, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan oleh Dinas Kesehatan.Misalnya buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), bagaimana peningkatan taraf kesehatan masyarakat.
Pemerintah kota pada hari ini masih menanggung 350 jiwa untuk bantuan iuran BPJS.Lanjut ke Dinas Sosial yang harus menangani masalah anak jalanan, gelandangan dan pengemis.

Begitu juga Dinas Tenaga Kerja harus memberi skill kepada masyarakat serta menyiapkan 10.000 skill training gratis.
“Dinas Ketahanan Pangan ada lorong wisata. Karena lorong wisata itu menjadi solusi apalagi untuk penanganan kemiskinan. SKPD kita intervensi apa yang dibutuhkan di lorong ini,” ulasnya.
Dengan berbagai upaya penanganan tersebut, Fatma Optimistis Makassar bisa kebut target nasional zero miskin ekstrem di 2024.
“Yakin karena memang berkesesuaian dengan program yang berbasis pemberdayaan masyarakat kita. Lorong wisata itu harusnya menjadi solusi karena di sana lorong wisata, dewan lorong mendata berapa anak putus sekolah. Jadi kantong-kantong kemiskinan itu bisa terdeteksi, bisa kita intervensi dan sesuaikan dengan intervensi masing-masing SKPD,” pungkasnya. (rhm)

The post Warga Miskin Tapi Miliki Rumah Tiga Lantai appeared first on Berita Kota Makassar.

source