Bahtiar Pastikan 40 Persen Anggaran Pilgub Tersedia Tahun Ini
axel wiryanto
Thursday, 14 September 2023 07:16 am
dibaca 96 kali

MAKASSAR, BKM — Anggaran untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan akan dialokasikan secara bertahap. Tidak sepenuhnya dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.
Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan, hal tersebut sejalan dengan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang ditujukan kepada gubernur, wali kota dan bupati.

“Kita sudah memasuki tahun pemilu. Saya harus memastikan sesuai surat edaran Mendagri yang memerintahkan seluruh gubernur, wali kota, dan bupati untuk tahun anggaran 2023 ini tersedia 40 persen anggaran Pilgub. Tahun depan tersedia 60 persen,” ujar Bahtiar, Selasa (12/9).

Ia menjelaskan bahwa pentingnya anggaran Pilgub dengan skala 40:60 agar penyelenggara pemilu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

”Dengan begitu, anggaran untuk pilkada tahun depan mencukupi,” ucapnya.

Apalagi, kata dia, tahapan Pemilu sudah mulai berjalan akhir tahun ini. Karena itu penting untuk memastikan dukungan anggaran.

“Juga jangan lupa. Pemilu ini sudah tahun depan. Bulan November tahun ini sudah kampanye. Bagaimana kita semua bisa menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban umum. Tentu teman-teman pemerintah daerah, bupati/wali kota mempunyai peran penting. Kita harus memastikan Pemilu ini berjalan. Ini kan agenda rutin sesuai konstitusi, tapi harus tetap aman damai,” terangnya.

Apa yang menjadi harapan Bahtiar mendapat sokongan dari DPRD Sulsel. Pihaknya sudah beberapa kali mendorong Pemprov Sulsel untuk mempertimbangkan anggaran Pilgub supaya tidak memberatkan APBD Pokok 2024.

“Iya, masih bisa kan ini mau masuk di anggaran perubahan. Kemarin kita mendorong siapkan 40 persen untuk pilkada,” ucap anggota DPRD Sulsel Arfandy Idris.

“Kalau tidak jalan akan merusak tatanan, ini menyangkut pemerintahan,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran Pilgub harus dialokasikan 40 persen di APBD Perubahan 2023 agar pelaksanaan penyelenggara pemilu dapat berjalan tanpa kendala.

“Iya kita mendorong. Itu harus disiapkan kalau kita bahas ini sangat prioritas. Ini tidak bisa ditunda. Kalau ditunda pasti bermasalah,” tuturnya.

“Sementara dibahas ini anggaran perubahan. Kami mendorong itu karena penyelengaraan kegiatan 2023 ini kan sudah jalan,” pungkasnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel Salehuddin yang berusaha dikonfirmasi terkait alokasi anggaran Pilgub untuk tahun ini, tidak merespons.

Sekretaris Kesbangpol Sulsel Ansyar saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, tidak mau berkomentar. Dia mengarahkan untuk ke Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

“Saran saya bisa kita konfirmasi ke kepala BKAD,” singkatnya.

Padahal, beberapa waktu lalu Ansyar mengatakan bahwa pihaknya sudah memasukan anggaran Pilgub di APBD Pokok 2024 setelah melakukan review anggaran di Inspektorat. Artinya, dalam APBD Perubahan 2023 tidak dibebankan anggaran Pilgub, tapi ditumpukkan di tahun mendatang.

The post Bahtiar Pastikan 40 Persen Anggaran Pilgub Tersedia Tahun Ini appeared first on Berita Kota Makassar.

source