PPPK Harus Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
axel wiryanto
Monday, 11 September 2023 19:12 pm
dibaca 206 kali

Adnan menjelaskan, dalam rancangan terbaru undang-undang, ASN dan PPPK diminta lebih berdampak kepada daerah dan juga seluruh lapisan masyarakat.
”Perintah bapak presiden, semua ASN harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dimana, cara-cara lama tidak akan dipakai, namun dibutuhkan cara baru karena masyarakat kita juga mengalami perubahan yang cukup drastis akibat majunya teknologi,” kata Adnan.
Dijelaskan Adnan, anak-anak sekarang lebih komunikatif, maka konsep mengajar guru juga harus lebih komunikatif.
“Jangan samakan guru-guru yang waktu zaman kita, dimana masuk kelas menjelaskan, langsung tulis di papan setelah itu kasih PR, yang akhirnya kita merasa sekolah kita beban, namun coba ubah paradigmanya jadikan sekolah itu menjadi menyenangkan bagi anak-anak, ketemu dengan gurunya yang komunikatif, kalau dia mau bertanya dia bertanya ke gurunya, gurunya menjelaskan dengan baik, nah itulah karakteristik yang ada sekarang,” jelas Adnan.
Adnan detil menyebutkan, kondisi ini sangat erat hubungannya dengan bonus demografi tahun 2045. Yakni usia produktif lebih banyak dibandingkan usia non produktif.
Dipastikan generasi milenial, gen Z dan post gen Z mendominasi. Sehingga untuk menyambut generasi emas 2045 dibutuhkan SDM yang unggul dan itu ditentukan saat ini.

”Yang perlu dipelajari adalah kurikulum pengenalan tugas dan fungsi ASN serta pengenalan nilai etika pada instansi pemerintah dan ini dilakukan sebanyak 66 jam pelajaran, terdiri dari 21 jam klasikal setara dengan tiga hari kerja dan 45 jam non klasikal atau metode MOOC (Massive Open Online Course) setara dengan 15 hari kalender,” sebut Zubair.
Modding, salah seorang peserta PPPK Guru dari SDI Borimasunggu Kecamatan Biringbulu, Modding mengaku orientasi ini penting diikuti agar dapat mengetahui tugas-tugasnya sebagai salah satu pegawai lingkup Pemkab Gowa
”Alhamdulillah, setelah sekian lama mengabdi sebagai guru, akhirnya saya lulus PPPK. Sesuai pesan bapak bupati Gowa, saya akan memanfaatkan kesempatan ini dan bekerja dengan sebaik-sebaiknya serta mengikuti orientasi ini dengan baik, apalagi SK PPPK setiap tahunnya diperpanjang tentunya dengan evaluasi. Karena itu saya akan terus bekerja dengan baik agar SK PPPK saya kembali diperpanjang,” kata Modding. (sar)

Artikel PPPK Harus Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman pertama kali tampil pada Berita Kota Makassar.

source