Tahun Depan, 17 Sekolah Diusul Terima DAK Pusat
axel wiryanto
Saturday, 26 August 2023 23:03 pm
dibaca 95 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar mulai merancang skema Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makasar untuk tahun 2023. Sejumlah kegiatan akan diprioritaskan, khususnya yang berkaitan dengan infrastruktur. Salah satunya adalah rehabilitasi atau perbaikan sekolah.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmy Budiman menyebut, tahun depan ada 17 sekolah yang akan diajukan ke Kementerian Pendidikan agar mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK). Upaya tersebut dilakukan untuk membantu agar sekolah tetap dibenahi dengan kondisi APBD yang terbatas.

“Kita terus berupaya supaya tidak terlalu banyak dana APBD yang terbebani. Kita minta Disdik susun perencanaan untuk diusulkan ke pusat melalui DAK,” ujar Helmy, kemarin.
Dia mengaku, infrastruktur sekolah belakangan ini menjadi sorotan masyarakat usai viralnya tembok sekolah di SDN Inpres Banta-bantaeng I yang hampir roboh. Kondisi bangunan di SD tersebut dinilai mencerminkan sekolah-sekolah yang ada di Kota Makassar. Banyak sekolah yang fasilitas belajar mengajarnya dinilai sudah harus dilakukan peremajaan.
Dia melanjutkan, saat ini anggaran yang dialokasikan untuk Dinas Pendidikan memang paling besar karena hampir mencapai Rp1 triliun lebih. Namun, alokasi untuk infrastruktur sekolah hanya Rp30 miliar. Anggaran di Dinas Pendidikan masih didominasi untuk pembayaran tenaga guru.
“Terbanyak anggarannya yaitu Dinas Pendidikan. Cuman memang dari total anggaran itu yang sudah kita serahkan ke Dinas Pendidikan masih lebih banyak digunakan untuk penyediaan guru.

The post Tahun Depan, 17 Sekolah Diusul Terima DAK Pusat appeared first on Berita Kota Makassar.

source