Pengunjung Dibatasi, Tiket Konser Slank Rp150 Ribu
axel wiryanto
Wednesday, 23 August 2023 19:30 pm
dibaca 116 kali

MAKASSAR, BKM — Perhelatan akbar Festival Delapan (F8) hari ini, Rabu (23/8) akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Berbagai agenda menarik akan disajikan dalam festival bergengsi tersebut. Salah satunya yang diyakini akan menyedot cukup banyak pengunjung adalah konser musik .
Sejumlah band dan penyanyi terkenal bakal tampil dipanggung F8. Salah satu di antaranya adalah grup legendaris dan fenomenal, Slank yang punya banyak penggemar.
Untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung konser, selain membatasi penonton, panitia juga mematok harga tiket sebesar Rp150 ribu untuk menonton performance Kaka, Bimbim, dan kawan-kawan.

Rekayasa Lalu Lintas

Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas selama event F8 berlangsung. Kepala Dinas Perhubungan Makassar Aulia Arsyad, mengatakan selain melakukan rekayasa lalu lintas, pihaknya bersama PD Parkir Makassar Raya juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi pengunjung.
“Kita buatkan rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan karena dipastikan banyak masyarakat yang akan mengakses Pantai Losari selama lima hari ke depan,” kata Aulia.
Mantan Kepala Dinas Sosial itu menjelaskan, rencananya sepanjang Jalan Penghibur akan ditutup total mulai Rabu-Minggu, 23-27 Agustus.
“Jadi mulai dari Warkop Turatea, di sudut Jalan Haji Bau-Penghibut sampai ke Anjungan Toraja Mandar itu bebas dari kendaraan,” ucap Aulia ditemui di sela-sela pergantian nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Dg Risaju, kemarin.
Artinya, untuk kendaraan dari arah Metro Tanjung Bunga tidak bisa melalui Jalan Penghibur, mereka diarahkan belok ke Jalan Haji Bau. “Jadi Jalan Haji Bau balik arah, awalnya dari timur ke barat sekarang barat ke timur satu arah,” jelasnya.
Kemudian, dari Jalan Haji Bau, pengendara harus belok kiri ke Jalan Arief Rate, tidak boleh belok ke Jalan Opu Daeng Risadju (Cendrawasih).
“Kalau dari arah Arief Rate bisa belok kiri, bisa juga lurus ke Cendrawasih. Jalan Garuda satu arah dari arah Cendrawasih. Kemudian dari arah Jl Rajawali dilarang masuk ke Jalan Garuda. Tapi Cenderawasih tetap dua arah,” sebutnya
Begitu juga di Jalan Lamadukelleng, ada perubahan arah, yang dulunya dari selatan ke utara, di balik menjadi dari arah utara ke selatan. Di area ini akan sedikit mengalami penyempitan karena digunakan untuk lahan parkir di sisi kiri kanan jalan. Untuk Jalan Somba Opu, batasannya hingga di Jalan Muchtar Lutfi harus belok kiri.

“Kita turunkan 100 personel all out, terutama di pembukaan dan opening seremoni dan closing. Kita tahu bahwa akan terjadi lonjakan pengunjung nantinya,” ujarnya saat ditemui di Anjungan Pantai Losari, kemarin.
Kemudian, 14 tim medis dari BPBD juga disiapkan untuk memback up tenaga medis dari Dinas Kesehatan. “Jika terjadi hal-hal yang membutuhkan medis kedaruratan tim kami siap memback up tenaga medis dari Dinkes. Kami juga mendirikan pos darurat di F8. Jika ada pengunjung membutuhkan bantuan, segera ke pos kami,” imbuhnya.
Diketahui, panitia F8 Makassar menargetkan sebanyak 5 juta orang pengunjung bakal memadati area F8 selama lima hari penyelenggaraan. Event terbesar di Makassar ini akan menghadirkan 12 negara dan 7 Kota akan berpartisipasi pada F8 tahun ini.
12 negara yang bakal ikut berpartisipasi pada F8 di antaranya, Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, India dan Belgia.
Lima negara Asean mengirim fashion desainer untuk mengikuti F8 di Kota Makassar. Yakni, Singapura, Thailand, Vietnam, Philipina, dan Laos. (rhm)

The post Pengunjung Dibatasi, Tiket Konser Slank Rp150 Ribu appeared first on Berita Kota Makassar.

source