Kementerian/Lembaga Ajukan Calon Pj Gubernur Sulsel
axel wiryanto
Saturday, 12 August 2023 22:09 pm
dibaca 107 kali

MAKASSAR, BKM — Nama-nama calon penjabat gubernur Sulawesi Selatan dari kementerian dan lembaga telah diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Diketahui, nama calon pj gubernur berdasarkan ketentuan yang diusulkan oleh DPRD tiga nama dan kementerian/lembaga tiga nama. Namun, khusus DPRD Sulsel batal untuk mengusulkan karena tidak mendapatkan kesepakatan dalam rapat paripurna.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benni Irwan menyebut batas usulan telah berakhir pada Rabu (9/8). Setelah ini akan dibahas di pra Tim Penilai Akhir (TPA).

“Saya yakin sudah. Kemarin kan batas akhir penyampaian usulan. Akan dibahas dulu akan dikompilasi. Nanti dilihat mana yang memenuhi syarat, mana yang tidak. Itu dibahas dulu di pra TPA. Pembahasan awal akan dibahas di situ. Nanti dilihat berapa yang hasil pra TPA itu maksimal dikirimkan tiga kepada presiden. Kalau tidak sampai tiga, dua mungkin,” jelasnya, Jumat (11/8).

Ia mengaku cukup banyak dari kementerian dan lembaga yang mengusulkan nama calon pj gubernur Gubernur Sulsel. Tapi tidak diketahui jumlah pastinya.

“Saya melihat usulan kementerian dan lembaga cukup banyak. Di Sulsel cukup banyak dari kementerian dan lembaga. Tapi saya belum tahu berapa yang diusulkan,” ujarnya.

Setelah nama-nama calon pj gubernur Sulsel dibahas di tingkat Kemendagri, ia mengatakan akan ditindaklanjuti ke Presiden Jokowi untuk ditentukan.

“Tanggal 9 (Agustus) kemarin kan sudah berakhir. Nanti akan dilihat berapa usulan yang dimasukkan oleh kementerian dan lembaga. Nanti itu yang akan dibahas,” tuturnya.

Soal DPRD Sulsel gagal mengusulkan nama pj gubernur, Benni mengatakan hal tersebut tidak jadi masalah,karena hanya bersifat usulan. Keputusannya di pusat yang menentukan.

“Tidak apa-apa kalau tidak ada usulan. Itu kan di dalam suratnya dimintakan usulan atau dapat menyampaikan usulan sebagai pertimbangan. Jadi kalau tidak ada usulan dari DPRD, berarti usulan yang disampaikan oleh kementerian/lembaga saja. Nanti yang akan dibahas untuk dilaporkan kepada presiden. Saya ikuti di media tidak ada keputusan, tidak apa-apa. Toh juga sebagian yang mereka usulkan orang kementrian dan lembaga juga,” pungkasnya.
(jun)

The post Kementerian/Lembaga Ajukan Calon Pj Gubernur Sulsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source