Danny Akhirnya Dapat Jaminan APH
axel wiryanto
Sunday, 06 August 2023 05:03 am
dibaca 122 kali

Dia melanjutkan, baik pihak kejaksaan maupun Polda terlebih dahulu mempelajari ketentuan serta melihat dokumen yang ada di panitia sebelum mengeluarkan legal opinion. Setelah aparat penegak hukum (APH) mengeluarkan legal opinion, diharapkan Wali Kota Makassar sudah bisa menandatangani SK dan menetapkan pemenang proyek PSEL. “Kita berharap bulan ini prosesnya sudah berjalan,” kata Muh Anshar.
Dikonfirmasi terpisah, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengaku sangat mengedepankan sikap kehati-hatian agar tidak ada persoalan yang timbul di kemudian hari. “Kalau legal opinionnya sudah ada, berarti tidak ada masalah. Saya tidak mau gegabah soal ini. Mending di depan kita ribut daripada di belakang orang ribut. Itu bisa membahayakan. Kira-kira begitu,” kata Danny.
Sambil menunggu legal opinion dari aparat penegak hukum, dia pun meminta panitia tender PSEL untuk mengumumkan saja hasil evaluasi yang telah dilakukan. “Saya juga sudah bertemu dengan Dirjen (Kemenko Marves), kebetulan satu pesawat kemarin. Ibu Dirjen juga sepakat dengan itu (kehati-hatian). Walaupun sebenarnya itu tidak ada masalah. Namun namanya politik, itu bisa macam-macam orang soroti nanti,” tambahnya.
Orang nomor satu Makassar itu juga menegaskan, selama proses tender PSEL berlangsung, dirinya sama sekali tidak pernah mencampuri, apalagi melakukan intervensi. Dia berusaha menjaga independensinya.

Danny mengatakan, jika legal opinion sudah diterbitkan aparat penegak hukum (APH), tidak akan ada masalah lagi dirinya untuk mendatangani SK penetapan pemenang. “Kalau ada (legal opinion/jaminan APH) saya akan langsung tanda tangan. Itu kan masalah SK saja. Proses sudah berjalan,” tandas Danny.
Sementara itu, salah satu tim ahli yang sejak awal mengawal PSEL Iksan Latif menyikapi sorotan masyarakat yang mempersoalkan penetapan lokasi PSEL. Dia menegaskan, penetapan lahan bukan ditentukan oleh panitia lelang. Panitia hanya menentukan kriteria lahan yang representatif untuk menjadi lokasi PSEL.
Sejauh ini, lanjutnya, tahapan belum masuk dalam tahan penetapan lahan karena pemenang belum ada. “Orang selalu bilang lahan. Pemilihan lahan bukan asal pilih. Ada kriteria yang harus dipenuhi,” kata Iksan.

Untuk menentukan pemenang pun tidak gampang. Ada lima indikator yang menjadi acuan. Di antaranya, harus ada nilai kumulatifnya. Kemudian, ada pemilihan teknologi, ada lahan dan regulasi, ada pengelolaan lingkungan, dan kemudian sosial kemasyarakatan dan kelayakan finansial.
“Semua ini kumulatif untuk menetapkan pemenangnya. Bukan cuma lahan yang jadi kriteria,” tegasnya.
Sejauh ini, belum bisa dipastikan apakah nanti PSEL tersebut akan dibangun di kawasan Tamalanrea, Biringkanaya, atau Tamangapa.
“Pokoknya kita tunggu dulu tahapan dari dua lembaga, Kejari dan Polda mengeluarkan legal opinion. Bapak Wali Kota akan mengeluarkan penetapan dan setelah penerapan akan diumumkan oleh panitia,” tandas Iksan. (rhm)

The post Danny Akhirnya Dapat Jaminan APH appeared first on Berita Kota Makassar.

source