Penilai KKS Adakan Penilaian Lomba Desa Sehat
axel wiryanto
Sunday, 09 July 2023 14:01 pm
dibaca 106 kali

MALILI, BKM — Tim Penilai Kabupaten Kota Sehat (KKS) Luwu Timur melakukan penilaian lomba desa sehat di Desa Tarengge, Desa Pepuro Barat, Kecamatan Wotu baru-baru ini. Kegiatan ini dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Aini Endis Andrika, didampingi Staf Ahli Hukum dan Pemerintahan, dr. April, Camat Wotu, Iskandar Muda, Kepala Desa Tarengge dan Pepuro Barat, dan TP PKK Kabupaten Lutim.

Beberapa OPD yang terlibat dalam penilaian lomba desa ini antara lain; Bapelitbangda, Dinkes, DPMD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Dinsos P3A. Penilaian akan dilakukan pada 23 desa dan 1 Kelurahan yang sudah terverifikasi desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
Ada tujuh kriteria yang menjadi penilaian dalam lomba desa sehat kali ini, yakni kriteria utama adalah sekretariat pokja desa sehat dan 6 kriteria umum antara lain; kesehatan, sosial, pendidikan, pencegahan dan penanganan bencana, lingkungan hidup, dan pemberdayaan masyarakat desa.
Asisten Pemerintahan dan Kesra, Aini Endis Andrika mengatakan bahwa, keberhasilan kabupaten/kota sehat perlu dukungan dan komitmen bersama seluruh stakeholder.

“Tidak hanya itu, peran camat, kepala desa, lurah dalam kelembagaan sangat penting guna meningkatkan partisipasi pemberdayaan masyarakat luas dengan kegiatan inovatif berbasis kearifan lokal,” jelas Aini.
Ia juga mengatakan beberapa waktu lalu telah dilakukan sosialisasi dan edukasi serta pembinaan kepada pokja desa, sehingga saat ini dilakukan penilaian atau verifikasi pokja desa oleh tim penilai yang terdiri dari tim pembina dan forum KKS.
“Kegiatan penilaian desa sehat ini bukanlah perlombaan, namun diharapkan semua desa se-Kabupaten Luwu Timur dapat menciptakan desa yang aman, nyaman, bersih dan sehat bagi masyarakat,” harapnya.

(rls)

The post Penilai KKS Adakan Penilaian Lomba Desa Sehat appeared first on Berita Kota Makassar.

source