Disdik Perpanjang Registrasi Akun Seluruh Jalur SMA/SMK
axel wiryanto
Saturday, 17 June 2023 17:30 pm
dibaca 138 kali

MAKASSAR, BKM — Prapendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dijadwalkan berakhir kemarin. Hanya saja, untuk registrasi akun calon peserta didik diperpanjang.

Hal itu disampaikan Kepala UPT TIK Disdik Sulsel Elix saat dihubungi, jumat, (16/6).

“Hari ini (kemarin) sesuai jadwal itu pendaftaran berakhir. Tapi kita masih tetap buka sampai pendaftaran masing-masing jalur itu selesai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk perpanjangan registrasi akun akan mengikuti seluruh jalur sesuai dengan jadwal untuk SMA maupun SMK.

“Tetap terbuka sampai dia (calon siswa) mendaftar jalur pilihannya. Itu berlaku untuk calon siswa yang belum sempat membuat akun,” terangnya.

Ia menjelaskan, dengan perpanjangan registrasi akun itu ada sedikit perubahan teknis, yaitu siswa tak lagi mengunggah berkas persyaratan yang disampaikan sebelumnya.

Siswa tetap dapat memilih jalur yang diminati.

“Yang berubah itu hanya verifikasinya, tetap verifikasi di sekolah. Itu saja dokumen yang harus di bawa kesekolah,” bebernya.

“Pada saat memilih jalur boarding dia (calon siswa) kan memilih salah satu sekolah. Nanti dia sudah memilih di akunnya harus verifikasi offline di sekolah yang dituju,” imbuhnya.

Secara teknis untuk jalur zonasi sendiri yang kerap kali menjadi pertanyaan publik tetap akan dilakukan penarikan jarak, sesuai dengan petunjuk teknis untuk jalur zonasi.

“Kalau titik koordinat itu tetap ditentukan oleh sekolah ketika dia verfikasi. Jadi di situ pada saat diverifikasi, siswa dan orang tuanya datang langsung ke sekolah. Di sana dilakukan penarikan jarak.

Jadi operator menarik jarak di saksikan oleh orang tua dan siswa,” jelasnya.

“Yang penting dia sudah menentukan bahwa titik rumahnya sudah benar. Nanti sistem yang mengatur sendiri bahwa sekolah ini dekat dengan sekolah yang mana,” imbuhnya.

Hingga kemarin, kata Elix, calon siswa yang melakukan registrasi mencapai 89.306 orang.
Meski mengalami perpanjangan masa registrasi akun prapendaftaran PPDB SMA/SMK Sulsel dengan perubahan penyetoran berkas menjadi via offline (penyetoran berkas secara langsung ) ke sekolah pilihan,

Disdik Sulsel mengimbau kepada para orang tua untuk menghindari tindak curang selama proses PPDB berlangsung.

“Kami ingatkan juga kepada orang tua/wali untuk mendampingi anak-anaknya dalam proses pendaftaran. Hindari perbuatan yang tidak baik, seperti memalsukan nilai, memalsukan KK/alamat, memakai jasa orang lain dengan iming-iming dapat meluluskan dan sebagainya.

Karen PPDB ini diawasi langsung oleh Ombudsman Perwakilan Sulsel,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Asqar, Jumat (16/6).

Ia mengingatkan para orang tua untuk tidak usah panik sekaitan dengan perubahan tata cara pengumpulan berkas, karena itu tetap akan mengacu pada juknis PPDB yang telah disepakati oleh Disdik Sulsel.

“PPDB tahun ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Sesuai informasi dari Kepala UPT Pelayanan TIK bahwa prapendaftaran berakhir hari ini (kemarin), tapi registrasi tetap dapat dilakukan pada saat pendaftaran resmi sesuai jalur dan jadwal yg telah ditetapkan. Untuk itu kepada calon peserta didik dan orangtua/wali tidak usah khawatir, apalagi panik,” imbuh Asqar.

Ia melanjutkan, meski ketua penyelenggaraan itu diserahkan langsung ke masing-masing kepala sekolah yang menyelenggarakan, namun pemantauan tetap akan dilakukan oleh pihak Disdik Sulsel.

“Tujuan PPDB ini untuk memastikan bahwa proses penerimaan peserta didik baru dilakukan secara terbuka, adil, dan transparan,” pungkasnya.
(jun)

The post Disdik Perpanjang Registrasi Akun Seluruh Jalur SMA/SMK appeared first on Berita Kota Makassar.

source