SMPN 20 Simbang Lakukan Penamatan dan Gelar Karya P5
axel wiryanto
Friday, 16 June 2023 16:17 pm
dibaca 395 kali

MAROS, BKM — Siswa SMP Negeri 20 Simbang Kabupaten Matos melakukan penamatan untuk pelajar kelas IX. Penamatan ini dirangkaikan dengan gelar karya Projek Pengutan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Kegiatan yang berlangsung di halaman SMPN 20 Simbang, Kamis (15/6), turut dihadiri camat Simbang, seluruh pengawas SMP, para kepala sekolah SMP se-Kecamatan Simbang, ketua komite dan para orangtua pelajar.
Kepala SMPN 20 Simbang, Nurbaya Idrus, kepada wartawan mengatakan, ada dua jenis kegiatan yang digelar secara bersamaan. Yaitu penamatan pelajar kelas IX, juga gelar karya pelajar kelas VII.

”Ada dua jenis kegiatan yang digelar secara bersamaan agar orangtua bisa melihat secara langsung hasil karya anak-anak kita,” ujar Nurbaya.
Ditambahkan Nurbaya, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Dalam Kurikulum Merdeka, pelajar tidak hanya dibentuk menjadi cerdas. Namun, juga berkarakter sesuai nilai-nilai Pancasila atau yang disebut sebagai wujud profil pelajar Pancasila.

Sehingga pada kegiatan ini pelajar kelas VII mengadakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Gelar karya tersebut merupakan rangkaian puncak dari kegiatan projek.
Rangkaian acara Gelar Karya yang dilaksanakan meliputi pembukaan yang diawali pembacaan ayat suci Al Quran. Kemudian sambutan ketua panitia, kepala sekolah, komite, camat, dan pengawas Bina.
”Saya merasa bangga, salut, dan sangat mendukung Gelar Karya ini.

Semoga kegiatan ini dapat memotivasi siswa untuk berwirausaha di masa depan,” kata Nurbaya.

Ditambahkan Nurbaya, Gelar Karya ini baru pertama dilaksanakan dan akan dilaksanakan setiap semester satu kali. Sehingga untuk yang akan datang, akan disiapkan lebih baik lagi.
”Ucapan terima kasih dan mengapresiasi atas usaha orangtua dan wali siswa yang luar biasa dalam mewujudkan Gelar Karya ini.

Dengan sukarela bergotong royong untuk mewujudkan Gelar Karya ini. Pada kegiatan ini juga ada beberapa kesenian yang ditampilkan siswa dan siswi SMP Negeri 20 Simbang,” sebut Nurbaya.
Sementara itu, Pengawas Bina SMP Negeri 20 Simbang, Jabaruddin, pada acara tersebut mengatakan, kegiatan Gelar Karya pelajar kelas VII pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah kegiatan ko-kurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
Dalam pelaksanaannya, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dapat dilakukan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka juga dirancang terpisah dari intrakurikuler.

Hal ini dikarenakan tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projeknya tidak berkaitan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.
Dengan diadakannya kegiatan tersebut, pelajar diharapkan dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensinya serta mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan serta dapat membentuk siswa yang mandiri, kreatif, dan berjiwa gotong royong.
”Saya berharap dukungan orangtua dan wali sangat diharapkan untuk pelaksanaan Gelar Karya di masa akan datang,” harap Jabaruddin. (ari/c)

The post SMPN 20 Simbang Lakukan Penamatan dan Gelar Karya P5 appeared first on Berita Kota Makassar.

source