Dewas tak Restui PDAM Kelola IPAL Losari
axel wiryanto
Friday, 16 June 2023 06:12 am
dibaca 130 kali

“Di forum air limbah, kami selalu diminta jadi pembicara untuk memaparkan progres IPAL Losari,” tambahnya.
Lebih jauh dikemukakan, berdasarkan hasil hitung-hitungan, jika PDAM Makassar yang menjadi operator IPAL Losari, memang harus disiapkan subsidi. Nilai subsidi yang disiapakan berkisar Rp13 ribu hingga Rp15 ribu, tergantung golongan pelanggan.
Sejauh ini, PDAM Makassar sudah mencatat laba yang cukup baik. Bahkan telah menyetorkan deviden untuk Pemkot Makassar.

Bisa saja, kalau Pemkot Makassar bersedia, deviden yang disetor ke kas daerah dikembalikan lagi ke PDAM dalam bentuk subsidi IPAL Losari.
“Kalau PDAM yang menjadi operator, kita sudah siap dalam aspek ketersediaan SDM. Kita juga punya sistem pembayaran yang sudah berjalan. Kita punya database. Inilah yang membuat kami optimistis menjadi pengelola air limbah,” jelas Ayman.

Dikonfirmasi terpisah, salah seorang Dewan Pengawas PDAM, Prof Aminuddin Ilmar menjelaskan
Direktur IPAL PDAM Makassar Ayman Adnan sudah melakukan presentasi di depan Dewas terkait rencana jika menjadi operator IPAL Losari.
“Dari hasil presentasi, disampaikan jika tahun pertama terdapat kerugian Rp7 miliar lebih, tahun kedua naik jadi Rp10 miliar dan seterusnya. Ini kan berarti, kalau rugi berpengaruh terhadap pendapatan PDAM,” ungkapnya, kemarin.
Dia mengatakan, saat ini kondisi keuangan PDAM sudah mulai membaik.

Dikhawatirkan jika PDAM menjadi operator IPAL Losari, akan menggerogoti pendapatan dan PDAM kembali mengalami kerugian.
“Jadi ini perhitungan pendapatan. Artinya, untuk apa PDAM mengelola IPAL. Kenapa tidak diserahkan ke Dinas PU karena nanti dapat bantuan dari provinsi atau pusat,” tambahnya.
Dia khawatir jika dikelola PDAM, akan menimbulkan pembiayaan yang besar. Walaupun ada hibah nantinya, tidak menjadi jaminan apakah akan ada setiap tahun. “Ini menjadi kekhawatiran Dewas,” katanya.
Ia meminta Direktur IPAL PDAM Makassar untuk melakukan kajian secara cermat, khususnya terkait biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun jika mengelola air limbah. ”Silakan hitung secermat mungkin. Jangan sampai dikelola menimbulkan kerugian,” sarannya. (rhm)

The post Dewas tak Restui PDAM Kelola IPAL Losari appeared first on Berita Kota Makassar.

source