Pengawas Lakukan Uji Petik dan Sampling Terhadap Data Pemilih
axel wiryanto
Thursday, 01 June 2023 02:09 am
dibaca 132 kali

Kedua, data pemilih yang meninggal di DPSHP, tetapi faktanya masih hidup, atau sebaliknya pemilih yang dinyatakan pindah, tetapi faktanya masih ada di alamat tempat tinggal, pemilih memiliki 2 NIK, pemilih memiliki nama yang sama, NIK berbeda, tetapi dilapangan (faktual) orangnya hanya 1.
Ketiga, data DPSHP tercantum RT/RW 00m tetapi faktanya di lapangan pada KTP yang bersangkutan ada RT/RW yang tercantum misalnya RT 1/RW 2. “Ini berarti petugas Pantarlih tidak melakukan perbaikan elemen data pemilih. Dampaknya, pemilih ini bisa ditempatkan pada TPS yang mungkin jauh dari tempat tinggal yang bersangkutan,”jelas Saiful Jihad.
Keempat, beberapa daerah perusahaan yang memiliki pekerja dari luar daerah yang jumlahnya besar, namun tidak masuk dalam alokasi TPS Khusus. Ini berpotensi kekurangan Surat Suara di TPS sekitar, jika diarahkan memilih di TPS sekitar tempat bekerja.
Kelima, pemilih Disabilitas belum terkategori berdasarkan ragam Disabilitas yang disandang. Ini berpotensi pada penyiapan logistik yang sesuai dengan ragam Disabilitas pemilih.

Keenam, ada penempatan TPS yang tidak mempertimbangkan kemudahan akses pemilih, karena lebih melihat dari jumlah orang (pemilih) maksimal di TPS. Akibatnya ada TPS yang menggabungkan 2 kampung yang jaraknya sampai beberapa kilometer. Ini berpotensi pemilih yang jauh tidak datang ke TPS.
Untuk semua temuan hasil pengawasan ini, jajaran Bawaslu telah menyampaikan untuk dilakukan Perbaikan, dan memastikan DPT yang akan dikeluarkan nanti benar-benar mutakhir, akurat dan konpreshensif, sebagai salah satu pintu dalam memastikan kualitas pemilu lebih baik, dengan adanya data pemilih yang clean and clear.
“Kami telah menginstruksikan kepada jajaran Pengawas di tingkat Kecamatan dan kabupaten, jika masih ada saran perbaikan yang disampaikan dengan data yang jelas dan akurat namun tidak ditindaklanjuti, maka penundaan Pleno Rekapitulasi bisa dilakukan, bahkan bisa dilanjutkan pada proses penanganan pelanggaran.”pungkasnya. (rif)

The post Pengawas Lakukan Uji Petik dan Sampling Terhadap Data Pemilih appeared first on Berita Kota Makassar.

source