Site icon ROVINDO

5 Km Jalan Masuk Stadion Sudiang Akan Diperbaiki

MAKASSAR, BKM — Pembangunan Stadion Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar dipastikan terealisasi tahun ini. Melalui akun Instagram resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), 25 April 2024 lalu, ditampilkan desain stadion baru berstandar FIFA di Sulsel.
Pemprov dan Pemkot Makassar pun berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya rencana pemerintah pusat itu. Tidak main-main, Pemkot Makassar berjanji mempersiapkan anggaran hingga Rp300 miliar untuk membangun sarana pendukung jalan ke kawasan stadion. Anggaran tersebut rencananya akan dimasukkan dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2024 ini.

Untuk kesekian kalinya, Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin didampingi sejumlah stakeholder terkait dari Pemkot Makassar kembali melakukan peninjauan kawasan pembangunan Stadion Sudiang pada Minggu (12/5). Kali ini, Bahtiar didampingi Pj Sekretaris Kota Makassar Firman Hamid Pagarra untuk melihat apa yang harus dilakukan dan dibenahi.

Didampingi kepala Dinas Penataan Ruang, kepala Bappeda, Pj Kadis Lingkungan Hidup, Dinas PU, dan Camat Biringkanaya, Pj Sekkot Makassar Firman Hamid Pagarra meninjau lokasi-lokasi yang infrastruktur jalannya akan dibenahi. Termasuk melihat kemungkinan untuk membuka akses jalan yang akan menghubungkan Stadion Sudiang dengan Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros.
“Jadi bersama Bapak Pj Gubernur kami melakukan peninjauan. Kami melihat lokasi-lokasi mana yang infrastruktur jalannya akan dibenahi. Termasuk dengan saluran drainasenya,” jelas Firman saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Wali Kota Makassar, Senin (13/5).
Lelaki yang juga menjabat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar itu melanjutkan, bersama pj gubernur, pihaknya membahas soal akses jalan masuk maupun keluar stadion. “Termasuk kalau harus buka akses jalan baru agar koneksi ke Kabupaten Gowa dan Maros, bagaimana pembebasan lahannya,” tambah Firman.

Intinya, kata Firman, Pemkot Makassar siap untuk mendukung sepenuhnya kehadiran Stadion Sudiang karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat.
Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah melakukan survei terkait rencana pembangunan akses jalanan menuju Stadion Sudiang. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Muhammad Rissal mengatakan, hasil survei tim di lapangan akses jalan yang akan diperbaiki kurang lebih sepanjang 5 km.
Titik jalan tersebut terbagi menjadi tiga ruas, mulai dari arah Jalan Perintis Kemerdekaan, Paccerakkang dan satu titik lainnya belum difinalisasi.
“Kalau survei sekitar ruas-ruas (akses stadion) di sana sudah kita lakukan dan akan dimasukkan di anggaran perubahan. Panjang jalan kurang lebih 5 km, kurang lebih 3 tiga jalan di sekitarnya. Jalan masuknya kurang lebih 1,2 km dari arah Perintis, kemudian dari arah Paccerakkang,” terang Rissal.

Dinas PU juga masih menunggu desain titik pembangunan stadion di Sudiang. Lokasinya belum difinalkan, namun masih tetap berada di kawasan sudiang.
“Titik stadion yang akan dibangun kita masih menunggu, jadi bukan GOR yang sekarang. Nanti ada stadion baru yang akan dibangun,” ucapnya.
Adapun akses jalan yang akan ditangani oleh Dinas PU Makassar berupa perbaikan atau peningkatan jalan yang sudah ada. Sejauh ini, pengadaan atau pembukaan jalan baru belum masuk pada perencanaan yang akan dijalankan di APBD Perubahan.
“Akses jalan adalah jalan lama yang mau ditingkatkan, dimantapkan. Kalau diperlebar mungkin nanti dilihat apa yang sudah dilebarkan,” ujarnya.
Anggaran yang disiapkan untuk mendanai akses jalan tersebut masih sementara digodok. Estimasi yang diberikan oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto mencapai Rp300 miliar. (rhm)

source

Exit mobile version