24 Tim Berlaga di Final Yamaha Supercup Esport Series 2024
axel wiryanto
Saturday, 02 March 2024 20:48 pm
dibaca 79 kali

MAKASSAR, BKM — Sebuah ajang olahraga elektronik atau electronic sport (esport) dihelat pada skala regional Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar). Namanya Yamaha Supercup Esports Series 2024.
Rangkaian kegiatan ini sudah berlangsung selama kurang lebih tiga bulan. Untuk road show dilaksanakan pada bulan Januari, kemudian kualifikasi di bulan Februari, dan grand final di bulan Maret.

Peserta yang lolos ke grand final bertanding di Mall Phinisi Point Jalan Metro Tanjung Bunga, 2-3 Maret.

CEO PT Pandora Kreatif Nusantara Herwin Long selaku penyelenggara, dalam keterangan persnya, Jumat (1/3), mengatakan pentingnya membangun ekosistem esport yang memiliki potensi besar di masa depan lantaran sudah menjadi ajang yang sangat diminati oleh anak muda. Esport sendiri merupakan ajang kompetisi video gim yang diselenggarakan dalam skala global.
Yamaha Supercup Esports Series 2024 mempertandingkan kompetisi game mobile legend yang dikhususkan untuk kalangan pelajar SMA se-Sulselbar, yakni Polman, Bone, Palopo, Pinrang,dan Makassar. Total ada 300 tim yang mendaftar pada kompetisi ini.

Tercatat ada 24 tim yang berhasil masuk grand final untuk selanjutnya berlaga di Makassar.
”Kegiatan ini sebagai ajang regenerasi bagi para pro player, karena esport sudah menjadi kompetisi yang dipertandingan pada skala internasional. Karena itu akan sangat penting untuk terus melakukan regenerasi player sebagai bentuk upaya pembangunan ekosistem esport yang berkualitas,” ujar Herwin Long.

Yamaha Supercup Esports Series 2024 merupakan salah satu kegiatan yang berkolaborasi antara Yamaha, Suraco Jaya Abadi Motor, dan Pandora Corp serta Diorganize secara professional. Acara ini diharapkan untuk bisa meningkatkan perkembangan esports khususnya di kalangan pelajar, melahirkan pemain profesional serta dapat mengharumkan nama sekolah ataupun daerah masing-masing.
”Kegiatan ini juga bertujuan untuk menghapus stigma negatif tentang kegemaran bermain game, karena dapat juga menghasilkan profit,” imbuhnya.
Ia berharap bukan hanya Pandora yang mengakomodir kegiatan-kegiatan seperti ini.

Dirinya mendorong agar pihak lain juga untuk melaksanakan event esport, sebab punya potensi masa depan yang sangat besar.
Dijelaskan bahwa kegiatan ini dikemas seprofesional mungkin agar dapat memberikan edukasi yang baik di kalangan pelajar. Ia tak ingin ajang ini sekadar event, namun membawa manfaat yang lebih luas.
Untuk kompetisi mobile legend pada event ini, disebutkan Herwin Long, terdapat delapan kategori pemenang. Masing-masing kategori memiliki indikator.
Manajer Pemasaran PT Suraco Jaya Abadi Motor Cintia Conarta selaku sponsor kegiatan ini, memberikan motivasi kepada seluruh peserta yang hendak bertanding agar bermain dengan maksimal guna mengoptimalkan potensi masing-masing. ”Event ini merupakan yang terbesar pertama dilaksanakan, karena melibatkan pelajar se-Sulselbar,” ujarnya.
Pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di area Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Total terdapat 50 sekolah yang menjadi tempat road show untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Pihaknya berharap agar kegiatan ini dapat mewujudkan ekosistem esport yang baik, khususnya di kalangan pelajar. (yus)

source