2 Ha Mangrove Ditebang, Disiapkan Pengganti 6 Ha
axel wiryanto
Tuesday, 02 May 2023 09:54 am
dibaca 202 kali

MAKASSAR, BKM — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melakukan uji publik Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) untuk proyek Makassar Cor City Arena (Macca) dan Sirkuit Untia. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sipakatau, Kantor Wali Kota Makassar, Jalan Ahmad Yadi, Jumat (28/4), melibatkan sejumlah ahli, konsultan Amdal, hingga LSM pemerhati lingkungan.
Konsultan Amdal pembangunan Macca dan Sirkuit Untia Haris Djalante menjelaskan, sejauh ini, seluruh komponen yang dipersyaratkan untuk dokumen amdal proyek strategis wali kota dan wakil wali kota tersebut sudah memenuhi syarat. Namun, kata dosen Teknik Unhas itu, masih ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian.

Termasuk melaporkan ke orang nomor satu Makassar itu terkait rekomendasi-rekomendasi yang diajukan para ahli, LSM dan lainnya untuk menjadi pertimbangan.
“Kami akan laporkan secepatnya ke wali kota terkait rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan dalam pembahasan teknis, ada beberapa poin penting,” kata Ferdi.
Dia memberi catatan penting terkait konsistensi terhadap ruang terbuka hijau yang tetap harus terjaga. “Kita harus konsisten terhadap ruang terbuka hijau. Untuk itu, kami dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan ke lapangan untuk mempertegas pengawalan terhadap RTH,” tegasnya.
Dikonfirmasi terpisah, PPTK proyek Macca dan Sirkuit Untia Muh Akbal, menjelaskan sambil menunggu dokumen Amdal berproses, tahapan lelang konstruksi juga sementara berjalan.

“Penyedia sudah bisa mengunduh dokumen lelang,” ujarnya.
Dia berharap Mei mendatang, sudah ada pemenang tender yang akan membangun proyek strategis tersebut. Saat ini, lanjutnya, Inspektorat kota Makassar juga sementara melakukan audit probillty untuk memastikan proyek ini berjalan in the track. (rhm)

The post 2 Ha Mangrove Ditebang, Disiapkan Pengganti 6 Ha appeared first on Berita Kota Makassar.

source