Site icon ROVINDO

2.398 Maba UT Makassar Ikut OSMB Secara Luring dan Daring

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 2.398 mahasiswa baru (maba) Universitas Terbuka (UT) Makassar mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Semester 2023/2024 Genap. Dari jumlah tersebut, 367 orang hadir secara langsung (luring). Selebihnya mengikuti secara daring. Kegiatan ini berlangsung di Aula Mappaoddang Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sabtu, 9 Maret 2024.

Direktur Kampus Negeri UT Makassar Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim,S.E.,M.M. di depan para peserta OSMB dan dosen yang hadir, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Sulsel atas responsnya yang memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan UT Makassar di tempat ini. Ia menyebut, saat ini banyak mahasiswa UT Makassar yang berasal dari institusi kepolisian. Jumlahnya di kisaran 500-an orang.

Dijelaskan, Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 1984. Kampus ini lahir atas keputusan Presiden Soeharto ketika itu. Presiden Soeharto kala itu melihat bahwa masyarakat Indonesia harus dipenuhi haknya dan dijamin UU, yakni setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.

”Sejak lahir di tahun 1984 sampai hari ini, UT telah mencetak alumni sebanyak 2 juta orang lebih. Dari jumlah itu, 80 ribu di antaranya berasal dari Sulsel. Para alumni itu ada yang sukses berkarier pada kantor pemerintah dan swasta. Ada jadi ASN, polisi, dan profesi lainnya,” terang Prof Rahman.

Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua anak usai sekolah dapat lanjut ke jenjang pendidikan tinggi karena keterbatasan sarana dan prasarana, SDM dan keterjangkauan. Untuk mencari jalan keluar dari masalah itu, akhirnya ditemukan solusi cara kuliah tanpa harus ke kampus dan meninggalkan pekerjaan. UT hadir dan menjadi salah satu kampus negeri dengan status hari ini sebagai PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum).

Dijelaskan Prof Rahman, pelaksanaan OSMB diharap mampu memberi pengetahuan kepada maba terkait pembelajaran di UT dengan sistem online. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini harus bertekad menyelesaikan studi tepat waktu selama tiga tahun delapan bulan, tentu dengan proses belajar secara mandiri serta memiliki kesadaran untuk belajar sendiri.

”Berbeda dengan kampus konvensional yang harus datang di kampus, mahasiswa UT cara belajarnya melalui media, buku ajar, televisi, radio, hingga media sosial dan lainnya,” jelas Prof Rahman

Prof Rahman menegaskan, kualitas luaran UT tidak perlu diragukan lagi. Ia lalu mencontohkan rekruitment ASN dalam tiga tahun terakhir. Mereka yang lolos dalam penerimaan tersebut sebagian besar adalah UT. ”Untuk itu saya sampaikan selamat datang di kampus UT yang berkualitas tinggi,” tandasnya.

Rektor UT Prof Ojat Darodjat,M.Bus.,Ph.D. yang hadir secara daring dari Mataram, juga mengucapkan selamat bergabung kepada seluruh maba UT Makassar. Ia berharap agar pelaksanaan OSMB bisa memberikan pemahaman kepada mereka sebagai upaya menunjang proses perkuliahan ke depan.

Ketua Panitia OSMB UT Makassar 2024, Dra Husnaeni, M.Pd dalam laporannya mengatakan, tahun ini tema yang diusung adalah Menjadi Pembelajar Mandiri yang Tangguh, Adaptif dan Berkarakter.

”Mahasiswa yang jadi peserta adalah maba yang terdaftar masa 2024.1 sebanyak 995 orang. Yang sempat hadir secara fisik di lokasi kegiatan sebanyak 350 orang,” imbuhnya.

Dalam OSMB kali ini sejumlah materi diberikan. Diantaranya tutorial online, proses ujian seperti ujian tatap muka, ujian online dan pengenalan UT yang langsung disampaikan oleh Rektor UT, Prof Ojat Darojat secara daring.

Penjabat Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Iqbal Nadjamuddin berharap OSMB dapat berjalan dan sukses dalam mendukung pendidikan di Sulsel. Tak lupa dia mengucapkan selamat kepada maba UT yang berhasil diterima sebagai bagian dari keluarga besar UT.

”Mahasiswa baru UT ini adalah aset strategis dalam pembangunan masa depan bangsa. Untuk itu, mari mengembangkan diri pengembangan ilmu pengetahuan, mampu beradaptasi dengan cepat pada perubahan. Tenaga kerja terampil perlu dipersiapkan guna memenuhi kebutuhan lapangan kerja,” tandasnya.

Kapolda Sulsel yang diwakili Kasubdit Binpolmas Ditbinmas AKBP Daniel Siampa, S.H.,M.H. menyampaikan materi tentang judul Peran Polri Dalam Menjamin Harkamtibmas Masa Kini dan Akan Datang, dengan moderator dosen UT Drs Effendi Mantang.

Pimpinan UT Makassar yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Manajer Pembelajaran dan Ujian Dra Kusmaladewi, M.Pd, Manajer Marketing dan Registrasi I Made Gunawan Sanjay, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Syafruddin,S.E.,M.M. Hadir pula sejumlah mantan direktur UT, dosen, serta staf UT Makassar. (*/rus)

source

Exit mobile version