Site icon ROVINDO

2.040 Siswa di Toraja Utara Terima Beasiswa PIP Aspirasi

RANTEPAO, BKM, Anggota DPR RI Komisi dari X Fraksi Partai Nasdem, Eva Stevany Rataba menyerahkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Aspirasi kepada 2.040 siswa di Gedung Pemuda Van de Loosdrecht Rantepao, Jumat (25/10).

Anggota DPRD Sulsel Yosia Rinto Kadang, juga dari Fraksi Nasdem hadir saksikan penyerahan beasiswa beasiswa PIP tersebut beserta para orang tua siswa.
Sebanyak 2.040 siswa-siswi jenjang SMA/SMK dari Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara penerima beasiswa tahap pertama sesuai SK Nominasi 1.118 siswa dan SK Pemberian 922 siswa.

Menurut Eva Stevany Rataba, Beasiswa PIP program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, dan Komisi X DPR RI sebagai mitra kerjanya.
” Komisi X DPR RI diberi ruang untuk membantu siswa-siswi yang belum menerima PIP Reguler untuk diusulkan menjadi PIP aspirasi, ” ujar Eva Rataba.
Diakui Eva sebelumnya program PIP Reguler diusulkan sekolah melalui Dinas pendidikan masuk di Toraja Utara.

Namun setelah tahun 2020 baru PIP aspirasi masuk di Toraja Utara karena baru ada keterwakilan di DPR RI Komisi X.
” Saya diberi amanah sebagai wakil rakyat, maka tentu saya juga harus memperjuangkan masyarakat Toraja di Dapil saya, ” ungkapnya.

Eva Rataba menambahkan program PIP jalur aspirasi diusulkan setiap tahunnya agar siswa-siswi penerima PIP berkelanjutan berdasarkan data Dapodik sekolah.
Program Beasiswa PIP Aspirasi diterima setiap setahun bagi anak kurang mampu. Namun baru tahun ini Kemendikbudristek sudah membolehkan penerima PIP dari anak ASN yang gaji orang tuanya di bawah dari Rp 4 juta.

“Sekarang saya serahkan sertifikat penerima PIP sesuai SK Nominasi dan nonor rekening untuk diserahkan ke bank selaku penyalur,” pungkas Eva Rataba (gus/c)

source

Exit mobile version