2.000 Pelari Berkompetisi di Gowa Run 10K
axel wiryanto
Monday, 16 January 2023 17:54 pm
dibaca 154 kali

GOWA, BKM — Sebanyak 2.000-an pelari dari berbagai penjuru kota di Indonesia berkompetisi pada Gowa Run 10K yang digelar pada Minggu pagi (15/1). Start dan finish dilakukan di Jalan Masjid Raya Sungguminasa tepat depan kantor bupati Gowa.

Ribuan pelari ini berlari menempuh rute 10K atau 10 kilometer.

Rutenya pun menarik, karena melintasi beberapa situs sejarah di Kabupaten Gowa. Gowa Run 10K 2023 yang diselenggarakan Komunitas Gowa Runners bekerjasama Pemerintah Kabupaten Gowa berlangsung seru.

Apalagi, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, bersama Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, dan jajaran perwira Kodam XIV Hasanuddin jajaran Forkopimda turut berlari.
Dalam melepas resmi Gowa Run 10K bersama Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap, para pelari bukan hanya mendapatkan prestasi dan sehatnya.

Tapi juga bisa melihat beberapa tempat bersejarah dan ikon Kabupaten Gowa, seperti Museum Istana Balla Lompoa, Makam Sultan Hasanuddin, dan Masjid Agung Syekh Yusuf.

Tentunya, kata Adnan dengan melintasi beberapa situs bersejarah ini maka potensi wisata yang ada di Kabupaten Gowa pun ikut terangkat dan dikenali para peserta yang diantaranya ada yang berasal dari Jakarta, Kupang, Papua dan Kalimantan termasuk peserta dari berbagi kabupaten kota di Sulsel.

”Siapa pun yang ikut pada Gowa Run ini pasti tubuhnya sehat.

Jika tubuh sehat maka akan melahirkan pikiran-pikiran yang cerdas, dan pikiran yang cerdas itu akan mampu berkontribusi, berkarya untuk Gowa dan Sulsel di masa akan datang,” papar Adnan.
Selain dapat sehat dan prestasi, tambah Adnan, pada kegiatan ini pun akan terjalin hubungan emosional antar pelari dari berbagai daerah, suku, etnis bahkan ras.
”Selamat datang di Kabupaten Gowa bagi peserta luar Gowa. Silakan nikmati alam Gowa dari dekat dan terimakasih kepada semua panitia yang melaksanakan dan melancarkan kegiatan ini. Semoga tahun depan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan terlaksana dengan baik,” ucap Adnan.
Arma Yanti selaku Ketua Panitia Gowa Run 2023, mengatakan, kegiatan ini sudah ketiga kalinya dilaksanakan. Dan setiap even digelar, pelari yang ikut membeludak. Awal tahun 2023 ini sebanyak 2.000 orang yang ikut.
”Dalam Gowa Run ini kami lakukan dua kategori. Untuk kategori umum 10K dan kategori ASN 5K,” jelas Arma.
Salah seorang pelari asal Makassar bernama Awi mengaku beberapa kali mengikuti event lari di Makassar dan baru kali ini ikut di Gowa. Sebagai perbandingannya, Awi mengaku event Gowa Run ini cukup menawan selain medannya bagus juga medalinya bagus. Awi merasa puas mengikuti Gowa Run ini apalagi berlari bersama istrinya yang super gesit.
Awi juga mengagumi cara panitia mengemas kegiatan Gowa Run tersebut, pasalnya selain dilepas resmi Bupati Gowa, panitia juga menampilkan hiburan tarian tradisional. Di antaranya tari Pepepepeka ri Makkah serta Paraga (permainan sepak takraw tradisional yang dinamis) yang membuat kagum peserta run. (sar)

The post 2.000 Pelari Berkompetisi di Gowa Run 10K appeared first on Berita Kota Makassar.

source